Cara Menentukan Offset Posisi Piston IN/EX Yang Benar Menggunakan Sigmat Tanpa Melihat Kode Dari Pabrik.


 



Hai... Semua sobat MPJ Motor yang selalu Setia bersama kami disini, Kali ini kami ingin mengulas tentang pertanyaan yang masuk ke email mpjmotorindo@gmail.com, Disana tertulis tentang posisi piston yang benar dan detail. Kami rasa untuk permasalahan ini sebenar nya sudah lumrah bagi kita mekanik, Tetapi bagi adik-adik kita yang masih dalam tahap belajar tentu penjelasan ini sangat lah membantu mereka untuk berkembang, Oke kami akan mulai penjelasan nya.


Untuk posisi piston sepeda motor sebenar nya sudah memiliki tanda atau kode penempatan yang benar, Akan tetapi ada juga yang tidak memiliki tanda atau kode tersebut di ujung piston nya, Lantas bagaimana cara mengetahui nya?? Oke nanti kita akan sampai kesana, Akan tetapi kita ingin mengulas permasalahan awal nya terlebih dahulu, Baca artikel ini sampai habis agar tidak menimbul kan Gagal Dapat ilmu.


Untuk piston sepeda motor memiliki tanda IN sebagai kode posisi benar, Yang berarti IN adalah Masuk artinya posisi piston tersebut memiliki posisi di atas atau sebagai posisi masuk nya minyak bahan bakar ke bagian dexel dan ini sudah benar dan terukur dari pabrik dengan detail.


Dan yang Yamaha Juga memiliki kode tanda panah Mengarah kebawah sebagai tanda posisi yang benar dan terukur, Tanda panah yang mengarah kebawah mengartikan bahwasanya pembuangan hasil pembakaran yang terjadi di dalam dexel akan terbuang ke bawah atau ke lubang kenalpot dan posisi tanda panah ini pun juga sedah terukur dengan baik yang di lakukan oleh pihak perusahaan sparepart tersebut.


Akan tetapi ada beberapa piston yang tidak memiliki tanda IN atau pun Tanda Panah yang mengarah kebawah, Ini dapat membingung kan para mekanik atau pelajat otomotif untuk memastikan posisi piston yang sebenar nya berada di mana, Kesalahan-kesalahan saat pemasangan piston juga sering terjadi karena ukuran coakan klep yang terbalik.


Sebenar nya di sana sudah ada tanda yang benar yang di berikan oleh pabrik sparepart tersebut, Akan tetapi Masih bingung juga untuk memastikan posisi yang benar untuk pemasangan piston sepeda motor agar hasil yang di dapat kan tidak mengecewakan konsumen, Nah ini yang selalu kami waspadai saat melakukan pemasangan piston baru, Akan tetapi untuk memastikan posisi piston dengan benar dan dengan cara detail, Kami memiliki cara nya, Yaitu.


Kami biasa nya jika memiliki keraguan untuk menentukan posisi piston sepeda motor, Kami akan menggunakan sigmat sebagai alat ukur yang dapat memastikan posisi piston, Akan tetapi kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu ukuran piston tersebut seberapa panjang (Bisa kamu cek di kotak piston) Jika sudah ketemu lalu ukur lah dari lubang pen piston mengarah kedua sisi piston Dan bagi kan hasil nya.


Hasil yang biasanya kami temukan saat pengukuran offset piston memiliki hasil 1 mili jadi penentuan nya, Ukur lah sisi satu dan yang satu nya dan lihat hasil nya, Sebenar nya posisi piston tidak lah bulat, Jadi Jika hasil pengukuran mu bagian sisi sebalah 28 ML dan sisi yang sebelah nya lagi 29 maka Kamu sudah dapat memastikan posisi piston yang EX Dan IN, Biasanya Ukuran yang lebih kecil berada di bagian IN dan Yang Besar Di bagian EX.


Jadi, Jangan lagi ikuti ukuran coakan piston ya, Itu hanya membuat kinerja kamu semakin buruk, Karena piston tidak mendapat kan apa yang di butuh kan, Mungkin dengan artikel ini kamu dapat mengetahui nya dengan mudah.


Ingat !!! 

Posisi piston IN Memiliki ukuran lebih kecil dan Posisi piston EX Memiliki ukuran lebih besar, Jangan Terbalik dan ingat juga Pungukuran nya Dari lubang pen pistonengarah ke dinding piston bukan ke ujung atau ke bagian belakang piston tetapi Ke dinding piston.


0 Response to "Cara Menentukan Offset Posisi Piston IN/EX Yang Benar Menggunakan Sigmat Tanpa Melihat Kode Dari Pabrik."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel