Cara Mudah Perawatan Sepeda Motor

 



Sepeda motor yang kita gunakan saat ini memiliki jangka pakai yang tidak dapat di prediksi oleh siapa pun manusia di muka bumi ini dengan tepat dan benar, Semua tergantung pemeliharaan yang di berikan oleh si pemilik sepeda motor tersebut saat melakukan perawatan rutin yang seharus nya di lakukan, Seperti Ganti oli sesuai Jafwal yang sudah di tentukan oleh Showroom sepeda motor tersebut hingga melakukan Service Berkala Yang telah di tetap kan juga.


Maka dari itu, Kita sebagai pemilik sepeda motor justru harus jeli dan teliti juga untuk hal ini, Agar sepeda motor yang kita miliki awet saat di kendarai dalam jangka lama, Banyak hal yang dapat di lakukan untuk melakuka. perawatan sepeda motor yang harus kita ketahui sebagai penilik sepeda motor, Tujuan nya agar sepeda motor kita tetap awet dan tidak rewel saat di kendarai meski sudah memiliki umur pakai yang cukup lama.


Untuj Jenis-jenis part sepeda moyor yang dapat di lakukan perawatan agar tetap rewel Beserta Cara-cara nya, Kamu dapat menyimak aktikel di bawah ini.


1. Oli


Oli mesin sepeda motor yang kita gunakan pada mesin sepeda motor memiliki jangka pakai sesuai pemakaian kita juga, Jika Pihak showroom Memiliki angka yang sudah di tentukan pada spidometer mau itu Honda, Yamaha Hingga Kawasaki Memiliki angka masing-masih tergantung CC Sepeda motor yang kita miliki, Nah... Unik nya bagi kami, Biasa nya kami menyaran kan untuk melakukan pergantian oli Dalam sebulan sekali Jikalah Sepeda motor tersebut Memiliki kinerja Normal Dan 2-3 Minggu sekali melakukan pergantian Oli mesin Jika Mesin sepeda motor tersebut memiliki kinerja Yang berat.


2. Service


Untuk melakukan Service Pada sepeda motor Pada bagian Karburator Atau Injektion, CVT "Khusus Matic", Mangkok Stang Atau biasa di sebut Lahar Konis dan Klep juga memiliki jangka waktu yang dapat di sesuai kan, Kami di Bengkel MPJ Motor selalu menyaran kan untuk melakukan Service berkala dalam jangkan waktu Sebulan sekali Untuk Karburator, Injektion dan CVT. Untuk bagian Mangkok stang dan Klep biasanya kami menyaran kan untuk melakukan Service Berkala dalam jangka waktu 5 hingga 6 Bulan sekali, Gunanya, Agar tetap terjaga dari kerusakan yang parah dan dapat menyebab kan kerusakan di jalan saat anda berkendara.


3. Ban Luar D/B


Penggunaan ban luar sepeda motor kami rasa tidak memiliki jangaka yang menentu, Karena part yang satu ini memiliki kinerja gerak berputar bukan menggesek, Nah.. untuk menjaga ban luar anda agar tidak cepat habis, Anda Jangan pernah sesekali melakukan Gesekan terhadap Aspal atau pun tanah, Misal nya Melakan Pengereman Secara tiba-tiba yang dapat terjadi nya gesekan yang kuat pada ban luar, Kata Mudah nya "Ngedrive" dan juga melakukan Gas yang tinggi dan tiba-tiba memasukkan GIGI, Hal ini juga dapat terjadi nya Gesekan pada ban luar secara berlebihan karena saat anda melakukan hal tersebut, Ban secara otomatis akan berputar terlebih dahulu sebelum mendapat kan posisi yang tepat dan langsung membawa anda ke depan.


4. Body Atau Kap Sepeda Motor


Body sepeda motor memiliki perbedaan bentuk sesuai merk sepeda motor tersebut begitu juga dengan warna dan stiker yang di gunakan pada sepeda motor tersebut, Nah.. Untuk perawatan nya kamu jangan terus menerus memakai pengkilap yang di jual di pasaran, Karena hal tersebut akan mengikis warna dari body tersebut sedikit demi sedikit hingga warna body sepeda motor kamu mengalami pemudaran, Kamu bisa hanya melakukan pengelapan dengan kain kering saja saat baru di cuci dan juga pemakaian cairan pengkilap cukup memakai nya 1 kali dalam melakukan pencucian selama 5 kali.


 Jadi Hitungan nya misal nya kamu melakukan pencucian sepeda motor seminggu sekali maka dalam 5 minggu tersebut kamu cukup memakai cairan pengkilap nya sekali saja, Agar warna dari sepeda motor kamu tetap awet.