Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Motor Sering Mati Saat Lewat Jalan berlubang besar

 






Sepeda motor yang sudah memiliki umur pakai yang lumayan lama pasti nya akan mengalami kerusakan satu per satu pada part yang di kenakan, Mau itu bagian kelistrikan, Mesin bahkan pada bagian yang lebih transparan seperti ban, Kampas rem dan lain nya.


Hal itu di sebab kan karena kita sebagai pengguna nya selalu memakai motor tersebut untuk melakukan perjalanan kemana pun kita mau, Maka dari itu, Sedikit demi sedikit barang yang baru akan lama kelamaan juga merasakan letih nya bekerja dan tamat lah riwayat nya jika sudah terlalu letih saat bekerja.


Akan tetapi, Kami memiliki sedikit pengalaman yang dapat anda simpan dalam memori anda jika di butuh kan, Jika tidak silahkan abaikan, Cukup hanya sekeda membaca saja.


Pengalaman kami sebagai mekanik MPJ Motor ada beberapa sepeda motor yang mengalami kemogokan yang tidak wajar beserta unik, Karena saat terjadi nya kemogokan hanya pada posisi tertentu saja, Misal nya saat melui jalanan berlubang yang besar atau pun saat melewati jalanan yang memiliki pengaman jalanan atau biasa di sebut polisi tidur.


Akibat dari jalanan yang berlubag tersebut atau pun karena polisi tidur yang sudah kita sebut sebelum nya, Maka Ayunan sepeda motor akan lebih kuat dan pada saat itu juga shock depan dan belakang berfungsi secara maksimal, Pada saat momen Ayunan motor tersebut maka pada saat itu lah sepeda motor tersebut mengalami mogok dan jika di hidup kan kembali maka akan hidup normal seperti motor lain nya.


Nah.. Ketika saat itu kami banding kan dengan melintasi jalanan yang bagus tanpa ada gelombang jalan sedikit pun yang dapat menimbul kan ayunan pada motor, Maka pada saat itu Motor tidak mengalami mogok sama sekali dan berfungai dengan sangat baik dan saat bersamaan kami langsung melakukan pengetesan pada jalanan berlubang besar dan menambrak lubang tersebut maka pada saat itu juga motor mogok atau mati total dan di stater lagi, Motor kembali hidup seperti biasa nya.


Dalam hal permasalah baru ini bagi kami yang baru mendapat kan permasalahan seperti ini tentu lah sangat menguras fikiran dan juga tenaga, Karena saat setelag melakukan pengetesan di jalanan, Kami langsung melakukan pengetesan pada part yang berhubungan dengan kelistrikan motor tersebu dan ternyata kerusakan terdapat pada PULSER atau BATU API Sepeda Motor tersebut.


Pulser sepeda motor biasa nya memiliki dua kabel yang berfungsi mengirim aliran listrik ke CDI atau ECU/ECM "Khusus Injectiin" 


Pada saat itu kami mendapat kan permasalahan nya pada bagian kabel pulser yang terputus tepat pada bagian penyambunga kabel tersebut ke pin peletakan kabel tersebut pada Pulser sepeda motor tersebut.


Setelah mendapat kan masalah dan segera meringkus nya dengan cara mengganti pulser tersebut dengan pulser yang baru, Dan setelah semua selesai maka kami melakukan pengetesan sekali lagi dan hasil nya pun memuas kan.


Namun, Kami juga pernah mendapat kam masalah yang sama akan tetapu kerusakan pada part yang berbeda, Mau itu pada bagian Kabel kelistrikan yang korslet hingga karburator atau Trottle Body "Injection" mengalami kelonggaran pada bagian Intake.


Jika sepeda motor kamu mengalami hal yang sama, Ada baik nya lakukan terlebih dahulu pengecekan dari bagian kabel sebelum melakukan pergantian part yang anda kira itu lah penyebab utamab nya.

Post a Comment for "Penyebab Motor Sering Mati Saat Lewat Jalan berlubang besar"