Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Aki Motor Sering Ngedrop 2021

 



Kelistrikan-kelistrikan yang ada di sepeda motor tentu membutuh kan arus listrik yang mumpini untuk mengkonek kan komponen yang ada di dalam nya, Seperti Kakson, Lampu Sein, Lampu rem, Stater hingga ada beberapa sepeda motor yang membutuh kan arus tersebut agar bisa hidup.


Akan tetapi, Kami sering sekali mendapat kan permasalah yang di mana aki sepeda motor selalu ngedrop meski sudah di ganti dengan aki yang baru, Biasa nya aki atau batrai motor hanya bertahan 1 sampai 2 bulan saja, Setelah itu aku langsung ngedrop dan tidak bisa di pakai untuk membunyikan klakson, Lampu sein dan lain nya.


Seperti yang sudah kita ketahui para mekanik, Arus kelistrikan yang ada di motor semua nya berasal dari Spul yang ada di bagian kiri mesin motor atau biasa di sebut bagi kalangan mekanik sebagai Bak Magnet, Segala sesuatu yang menyebab kan aki motor selalu mengalami ngedrop itu di karena kan arus yang dari sepul ke kiprok tidak ada atau arus dari kiprok menuju aki sebagai arus pengecasan aki lemah atau bahkan tidak ada arus sama sekali.


Itu lah yang menyebab kan aki sepeda motor sering sekali mengalami ngedrop secepat mungkin, Karena arus yang ada di aki terkuras habis tanpa ada yang mengisi nya kembali, Seharus nya aki selalu mendapat kan arus pengecasan jika mesin sepeda motor dalam keadaan hidup, Jadi.. Istilah kata nya Gali lubang tutup lubang bukan gali lubang tutup jurang.


Jika kamu seorang pelajar SMK Yang mengambil jurusan otomotif atau anda hanya sekeda sebagai konsumen di bengkel, Anda juga dapat melakukan pengecekan sendiri di rumah, Caranya, Simak di bawah ini.


Untuk melakukan pengecekan kami saran kan untuk melakukan pengecekan secara bertahap, Agar lebih real hasil yang anda temukan nanti nya jika ada part yang harus di ganti.


1. Cek Tegangan Arus Kiprok


 Cara pertama yang harus anda lakukan adalah Melakukan pengecekan tegangan arus listrik dari kabel merah yang mengarah ke aki. Lepas aki terlebih dahulu dari baut nya dan pisah kan kabel +- Dari kepala aki, Hidup kan Sepeda Motor anda dan ukur tegangan arus listrik di kabel tersebut menggunakan multitester atau sejenis nya, Jika arus memiliki tegangan sebanyak 12 Voltase atau pun lebih itu berarti arus pengecasan anda masih bagus dan jika kurang dari dari 12 voltase maka part pengecasan aki motor kamu sudah tidak mampu untuk bekerja Atau Bahkan arus tidak ada itu berarti kiprok sepeda motor kamu sudah mati total 


Bahkan jika sepeda motor kamu menggunakan pengapian arus listrik AC Maka sepeda motor kamu tidak akan mau hidup saat aki sepeda motor kamu di lepas dengan catatan "Aki tersebut masih ada strum nya"


2. Spul


Jalur-jalur kelistrikan motor yang memiliki pusat di spul memang sudah kita ketahui semuanya, cara pertama sudah anda coba dan tidak ada arus sama sekali maka jangan terlebih dahulu melakukan pergantian kiprok, Ada baik nya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada arus keluar yang berasal dari spul, Biasa nya kabel keluar yang berasal dari spul sebagai arus pengecasan berwarna putih, Cek tegangan arus, Jika ada maka kiprok anda sudah mengalami keruskaan dan jika Tidak ada arus keluar dari spul maka ada kemungkin spul motor anda sudah rusak atau mengalami korsleting di dalam.


3. Kabel


Untuk memastikan dari semua penjelasan yang di atas, Ada baik nya anda melakukan pengecekan pada kabel-kabel yang memiliki jalur ke pengecasan aki tersebut, Jika ada yang mengalami putus di tengah maka lebih baik di lakukan penyambungan terlebih dahulu dan lakukan pengecekan dari awal seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi.


Nah.. Jika kamu mengalami kesulitan untuk melakukan nya atau pun anda sudah paham untuk melakukan nya dengan cara mengikuti instruksi yang sudah kami jelas kan, Akan tetapi anda tidak memiliki alat yang mumpini, Ada baik nya serah kan saja kepada mekanik kepercayaan anda untuk di lakukan pengecekan terlebih dahulu dan melakukan pergantian part yang rusak jika ada yang rusak Agar hasil nya pun dapat terjamin.

Post a Comment for "Penyebab Aki Motor Sering Ngedrop 2021"