Penyebab Lampu Indikator Berkedip terus menerus Dan Mogok pada motor xeon, Mio J, Soul GT, Mio S Dan sejenis nya


 


Lampu indikator pada sepeda motor Injection di sediakan untuk memberi sinyal kerusakan-kerusakan yang terdapat pada komponen elektronik yang sangat penting pada motor injection dan sinyal yang di berikan juga berbeda-beda. 


Karena ada nya lampu indikator ini, Cara kerja mekanik juga terbilang cukup terbantu untuk mengetahui apa saja yang mengalami kerusakan pada alat elektronik pada motor injektion dengan mudah dan tepat, Dangan itu kita tidak lagi membutuh kan pengecekan-pengecekan satu per satu pada alat elektronik yang terdapat pada motor injection, Harus nya sih Gitu Ya, Akan Tetapi kami sebagai mekanik MPJ Motor memiliki satu pengalaman yang cukup membingung kan kita, Karena kerusakan tidak sesuai dengan sinyal yang di berikan oleh lampu indikator yang ada pada spedometer.


Sensor yang terdapat di Gambar yang sudah kami tandai mengalami kerusakan yang terbilang parah dan memberi sinyal tanpa ada hitungan yang sudah kita ketahui, Lampu indikator berkedip terus menerus dalam hitungan 1 kedipan dalam 1 detik, Sebelum nya kami merakan kewalahan karena sudah melakukan semua pengecekan pada sensor-sensor yang lain, Pada Tekanan minyak Full Pump, Ecu, Injektor hingga ke kompresi motor tersebut, Akan tetapi semua part tersebut aman dan terbilang sangat layak pakai karena semua berfungsi seperti part Original.


Awal nya sepeda motor di bawa ke bengkel MPJ Motor dalam keadaan mogok, Tidak hidup sama sekali akan tetapi api dari koil cukup untuk membakar motor itu sendiri sangking besar nya, Haha...


Setelah melakukan semua pengecekan pada part, Tidak ada rusak akan tetapi motor tidak hidup, Kami melakukan pergantian Busi baru dan motor hidup, Akan tetapi harus di gas sedikit, Pokok nya dikit...  banget, Sebatas terbuka nya ruang pernafasan karena, Dan itu juga kalo di lepas gas nya akan mati begitu juga kalau di gas setengah hingga Full juga akan mati.


Kami merasa ada kejanggalan yang terdapat pada motor tersebut karena indikator nya berkedip 1 kedipan per 1 detik dan part seperti Ecu, sensor, Busi, Pengapian, Kompresi hingga pulser semua sangat baik dan layak pakai, Akan tetapi kami meninggal kan satu sensor untuk di lakukan pengecekan Yaitu sensor TPS Seperti gambar di atas yang sudah kami tandai.


Ternyata masalah nya ada di sana, Sensor tersebut tidak berfungsi secara normal akan tetapi kebingungan kami belum juga hilang dari otak, Karena jika sensor tersebut mengalami kerusakan pasti lah lampu indikator memberi sinyal kedipan 15 Atau Pun 16 Yang tanda nya bahwasanya sensor tersebut  sudah rusak dan tidak berfungsi lagi.


Nah.. Dari sini kami menyimpul kan bahwasanya semua kerusakan pada komponen elektronik motor injection tidak sepenuh nya dapat di tentu kan oleh sinyal kedipan yang di berikan oleh lampu indikator menurut hitungan kedip yang sudah di tentu kan Yamaha.


Semoga bermanfaat untuk para mekanik yang setiap hari belajar tanpa ada kata Sudah Pintar, Kita selalu memiliki tugas untuk di pelajari lebih lanjut yang terdapat pada sepeda motor.

0 Response to "Penyebab Lampu Indikator Berkedip terus menerus Dan Mogok pada motor xeon, Mio J, Soul GT, Mio S Dan sejenis nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel