Cara Cek Pengapian Sepeda Motor Yang Mengalami Mogok Tiba-tiba Saat Di Kendarai.

 




Sepeda motor yang mengalami mogok secara tiba-tiba Bukan lah hanya di sebab kan pengapian yang hilang, Akan tetapi bisa saja di sebab kan oleh komponen yang lain nya yang di mana memiliki peran penting saat melakukan stater pertama. Akan tetapi disini kami ingin menjelaskan masalah pengapian terlebih dahulu.


Sepeda motok yang mogok tentu nya kita butuh melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah api atau arus listrik yang berasal dari coil ada atau tidaj, Jika Tidak ada maka lakukan lah pengecekan kelistrikan sepeda motor kamu sesuai urutan yang kami jelas kan di bawah ini.


1. Kunci Kontak


Sebelum melakukan pengecekan pada komponen yang berpengaruh pada pengapian motor anda, maka lakukan lah pengecekan pada kunci kontak anda terlebih dahulu, Apakah saat kunci di putar arus tersambung jika tidak maka Jumper lah terlebih dahulu pada kabel Kunci kontak untuk memastikan kerusakan nya atau saat anda ingin melakukan pengecekan ke komponen lain nya.


2. Busi.

Buka lah busi sepeda motor anda terlebih dahulu dan cek apakah api nya ada atau tidak, Jika tidak maka ganti dengan yang baru.


3. CDI 


lakukan pengecekan Pengapian atau arus listrik sepeda motor yang berasal dari CDI menuju coil atau Deksi Klos, Jika tidak ada maka lakukan pengecekan pada spul dan pulser 


Untuk Beberapa sistem pengapian sepeda memiliki perbedaan yaitu AC dan DC.


Pengapian Ac


Jika sepeda motor anda memiliki jalur AC Maka lakukan pengecekan Pada aki terlebih dahulu, Jika aki sepeda motor anda bagus maka lakukan pengecekan pada pulser beserta Kabel yang menuju ke CDI. Jika Aki sepeda motor kamu drop maka lakukan pengecekan pada spul dan pulser, Perhatiakan secara detail apakah gulungan spul untuk pengecasan terbakar atau pun kabel nya mengalami putus, Jika ada yang terbakar maka lakukan pergantian dengan yang baru dan jika ada kabel yang putus maka lakukan lah penyambungan terlebih dahulu.


Pengapian DC


Jika sepeda Motor kamu memiliki jalur pengapian DC Maka lakukan lah pengecekan langsung ke spul, Perhatikan secara detail apakah ada gulungan spul yang mengalami terbakar atau kabel nya yang putus, Jika terbakar maka ganti dengan yang baru dan jika hanya kabel nya saja yang mengalami putus maka sambung lah terlebih dahulu.


4. Coil Atau Deksi Klos.


Jika kamu sudah melakukan pengecekan pada CDI, SPUL dan PULSER Dan hasil nya baik-baik saja serta arus listrik yang di hasil kan juga sempurna dan Kabel-kabel nya juga tidak ada yang bermasalah maka lakukan lah pengecekan pada Coil sepeda motor anda, Jika dari kabel CDI mengeluar kan Arus listrik tetapi saat di sambung kan ke coil arus tidak ada maka sudah dapat di pastikan coil sudah rusak sebelum memastikan nya silahkan cek terlebih dahulu Massa ke coil jika tidak ada masalah maka ganti lah coil dengan yang baru

0 Response to "Cara Cek Pengapian Sepeda Motor Yang Mengalami Mogok Tiba-tiba Saat Di Kendarai."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel