Cara Memperbaiki Injector Rusak Karena Tersumbat Kotoran

 




Dari berbagai macam cara yang sudah kita ketahui sebagai mekanik sepeda motor untuk memperbaiki motor, Tentu masih aja yang belum kita ketahui akan tetapi orang lain sudah mengetahui, Itulah sebab nya seorang mekanik yang selalu mengedepan kan ilmu seelalu mengatakan tidak ada mekanik yang pintar, Akan tetapi semua tetap memiliki pelajaran yang dapat membingung kan mekanik tersebut, Meski itu masalah sepele, Namanya juga Otak kita untuk menyimpan berbagai cara perbaikan tentu sedikit banyak nya ada yang terlupakan, Sehingga saat mendapatkan project tersebut kita membutuh kan waktu untuk berfikir agar bisa mencari di mana letak permasalahan nya.


Nah.. Disini kami ingin memgulas tentang dimana sesuatu masalah yang terjadi pada sepeda motor yang dimana menurut kita sangat sepele, Akan tetapi sangat jarang di perhatikan oleh banyak mekanik akan hal itu, Yaitu Cara memberpaiki injector yang mengalami kerusakan karena tersumbat kotoran di dalamnya.


Seperti yang sudah kita ketahui, Injector berguna sebagai saluran minyak yang dapat menyemprot kan percikan minyak ke dalam ruangan pembakaran yang di bantu oleh full pump sebagai pemompa dari pada minyak tersebut, Meski begitu Kami sebagai Team Mekanik MPJ Motor sering sekali mendapat kan atau menemukan permasalahan yang terjadi pada injekctor tersebut, Permasalahan tersebut tidak lain yaitu terjadi nya penyumbatan pada lubang-lubang keluar nya Bahan bakar pada ujung kepala injektor.


Sering sekali kami menemukan permasalahan penyumbatan tersebut yang dimana di dalam nya terdapat butiran pasir yang amat sangat kecil dan halus, Biasanya jika injektor mengalami penyumbatan gejala yang di hasil kan sama persis seperti masalah dimana injekctor sudah rusak atau tidak layak pakai.


Disini kami menyaran kan untuk tetap melakukan pengecekan secara detail terlebih dahulu terhadap injektor jika kamu mendapatkan masalah seperti ini, usahakan selalu melakukan pengecekan sebelum melakukan pergantian dengan yang baru, Agar konsumen juga tidak perlu mengeluarkan biaya cukup banyak untuk mendapat kan hasil yang sempurna.


Cara melakukan pengecekan pada injector sebenar nya cukup mudah dan tidak begitu riber, Karena kamu hanya menbutubkan, Angin kompresor, arus aki dan Sokket yang cocok untuk injektor, Caranya seperti berikut.


1. Lepas injektor dari tempat nya, mau itu dari selang hingga dari Intake/manipol.


2. Siap kan sokket yang cocok untuk injector tersebut, Mau itu sokket lama di putus duku lalu di sambung lagi nanti atau kamu juga bisa membeli sokket baru, Gak mahal kok, Palingan Gocengan satu.


3. Masukkan sokket tersebut ke lubang pin yang ada di injector dan Kupas kedua ujung kabel hingga menyisakan Tembaga nya saja.


4. Siap kan aki yang memiliki tegangan arus 12 Volt, Mau itu ki dari sepeda motor tersebut di buka dulu, nanti setelah proses selesai lalu pasang kembali atau ki lain nya juga bisa.


5. Sambungkan kedua kabel yang ada di sokket injektor ke bagian kepala pin aki, Usahakan Tetap meletakkan pada posisi yang benar terhadap Minus (-) dan plus(+)


6. Siap kan selang kacil dan pasangkan ke lubang selang minyak yang ada pada injektor lalu isi dengan bensin, Setelah semua terpasang maka semprot lah ujung selang menggunakan angin kompresor yang memiliki kekuatan angin yang cukup kuat.


Lakukan hal itu berkali-kali hingga anda merasa tidak ada lagi kotoran di dalam nya, Lalu pasang kembali injector pada tempat nya semula dan rakit seperti sediakala, Lalu test.


Jika sepeda motor kamu mengalami penyumbatan pada injektor yang memiliki gejala seperti injector rusak, Dengan cara di atas tersebut pastinya akan Dapat di selesai kan, Akan tetapi jika injektor sepeda motor kamu memang benar-benar sudah rusak hal ini pastinya tidak berpengaruh terhadap Perbaikan injektor kamu, Silahkan melakukan pergantian dengan yang baru dan pastinya dengan menggunakan yang original, Agar tetap terjaga keawetan nya.