Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Setel Klep Ukuran Standart Motor Baru Bongkar Mesin

 



Klep mesin sepeda motor memang lah memiliki ukuran standart masing-masih, Meski pun ada beberapa yang memiliki kesamaan terhadap ukuran nya, Akan tetapi itu tidak lah semuanya dari banyak nya sepeda motor yang melintasi jalanan kota mau pun jalanan berlumpur ( Trail ).


Semua memiliki tekanan kompresi yang berbeda maka jarak ukuran platuk atau piano klep ke batang klep juga pastinya berbeda-beda juga, Hal ini di sebab kan karena ada nya perbedaan panjang klep, Lebar daun Klep, Ukuran Besar dan panjang piston hingga kekuatan tekanan kompresi yang di hasil kan ketika mesin dalam posisi hidup.


Melakukan penyetelan klep pada posisi jarang standart adalah cara agar klep tidak mengeluarkan suara yang menggelitik sehingga dapat mengganggu pengendara saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor tersebut, Maka nya dilakukan penyetelan pada posisi jarak dengan ukuran standart.


Akan tetapi, Akan ada waktu dimana kamu tidak di izinkan untuk melakukan penyetelan klep secara umum, Melaian kan kamu diharuskan untuk melongkar kan klep sedikiy dari jarak standart nya, Sehingga suara klep pun dapat terdengar secara gamblang.


Hal ini biasanya kami lakukan sebagai Mekanik MPJ Motor Saat selesai melakukan pembongkaran dan perbaikan pada mesin sepeda motor, Lebih tepat nya mengganti piston atau menaikkan Size piston, Ini agar ketahanan dari piston tersebut lebih awet dan mendapat kan kompresi secara maksimal.


Saat kita melakukan pergantian piston baru atau menaikkan ukuran piston, Pastinya Posisi piston pada blok masih terbilang cukup padat dan hanya menyisakan sedikit celah saja, Maka dari itu Saat melakukan pemasangan hingga selesai maka kamu juga di harus kan melonggar kan klep dengan jarak sedikit lebih jauh dari ukuran jarak standart nya.


Guna nya Agar kompresi yang di hasil kan jauh lebih padat dan juga penyesuain piston terhadap lubang blok yang cukup padat dapat menyesuaikan ukuran nya, Sehingga piston tidak secara paksa untuk mengikis bagian blog yang dapat mengakibat kan pukulan keras pada bagian ekor piston ke dinding puring blok.


Cara ini sebenar nya adalah ilmu tua, Yaitu ilmu yang di lakukan oleh para pendahulu ku, Ilmu yang di pakai oleh para senior-senior tua pada masa lampau, Akan tetapi ilmu ini juga cukup sangat berguna untuk motor jaman kini, Dengan kegunaan yang sama serta penyesuaian nya juga tidak berbeda.


Post a Comment for "Jangan Setel Klep Ukuran Standart Motor Baru Bongkar Mesin"