Sensor CKP Rusak?? Begini Cara Perbaikan nya, Simpel dan Sangat Mudah


 



Sepeda motor MATIC Saat ini sudah tidak menggunakan Dinamo stater sebagai alat bantu penggerak mesin untuk menghidup kan nya secara mudah, Biasa nya kita melihat sepeda motor yang memiliki tombol stater pada bagian kanan stang pastinya memiliki dinamo statet di bagian mesin nya, Hal itu berguna untuk menggerak kan kruk as agar berputat sehingga magnet juga ikut berputar dan dapat menghasilkan percikan listrik yang akan di salur kan ke berbagai komponen yang berhubungan hingga ke coil dan busi.


Hal ini adalah cara simpel sepeda motor secara elektrik agar pengguna sepeda motor tidak lagi mengeluarkan tenaga untuk melakukan selah atau mengengkol mesin agar terjadi sebuah putaran dan menghasil kan percikan listrik yang nanti nya arus tersebut akan mengalir ke Kiprok, CDI, Coil atau Deksi klos dan terakhir ke busi.


Akan tetapi saat ini mesin sepeda motot matic tidak lagi menggunakan dinamk tersebut sebagai alat bantu, Melainkan menggunakan sensor.


Sensor yang memiliki peran di bagian stater di sebut sebagai Sensor CKP, Sensor CKP akan secara otomatis mengeluarkan daya magnet sehingga magnet sepeda motor anda berputar dengan sendiri nya sesuai putaran mesin yang mengarah ke kanan.


Akan tetapi, Meski kini sudah memiliki alat canggih untuk melakukan statrer seperti Sensor CKP, Bukan berarti jauh dari masalah kerusakan.


Setelah mempelajari sensor CKP lebih dalam, Ternyata kerentanan kerusakan yang akan terjadi lebih mudah dari pada sistem stater yang menggunakan dinami stater seperti motor pendahulunya, Kenapa tidak?


Kami sebagai mekanik MPJ Motor sudah pernah mengalami atau mengatasi kerusakan pada sensot tersebut pada motor Vario 150 terbaru dan sepeda motor tersebut masih dalam service Gratis yang di beri pihak showroom, Yang arti nya sepeda motor tersebut masih memiliki umur pakai beberapa bulan saja.


Hal ini di sebab kan karena sensor tersebut tidak terhindat dari air yang masuk ke dalam magnet sehingga kekeroposan atau pun masalah lain yang bisa saja terjadi dapat merusak bagian sensor tersebut, Masalah yang biasanya terjadi pada sensor ini adalah  mengalami pemutusan tembaga kabel di bagian tengah sehingga signal arus yang di beri melalui tombol stater tidak terkoneksi ke sensor CKP.


Biasanya kami menemukan masalah yang satu ini langsung mematok harga perbaikan nya, Karena barang tersebut terbilang barang mahal, Jadi Saat melakukan perbaikan juga mesti berhati-hati agar kerusakan baru tidak terjadi pada sensor CKP tersebut.


Nah.. Untum cara perbaikan nya, Kamu bisa cek di bawah ini.


1. Buka terlebih dahulu sensor CKP dari tempat nya.


2. Potong Solderan kabel yang terhubung pada sensor  menggunakan solder yang memiliki tekanan panas yang cukup, Sehingga dapat melelehkan timah solderan yang lama.


3. Ambil Kabel baru yang memiliki tembaga lebih banyak dan lebih tebal, Agar Kelangsungan signal arus dari tombol stater dapat terhubung secara maksimal.


4. Solder kabel baru tersebut ke posisi solderan yang di lepas tadi, Usahakan mengenai kuningan nya agar dapat terkoneksi.


5. Ukur panjang kabel hingga ke lawan soket


6. Potong kabel sensor yang lama untuk mengambil bagian soket nya atau jika ada yang baru kamu juga bisa menggantinya dengan yang baru.


7. Sambung kan kabel yang sudah di solder ke sensor CKP ke Soket yang kamu miliki saat ini, Mau itu soket lamau atau pun soket baru.


8 Pasang kembali sensor pada tempat nya beserta komponen-komponen yang ikut kamu lepas untuk menjangkau Sensor CKP.


9. Sambung kan kembali soket pada lawan soket yang tepat dan coba Stater.


10. Selesai.


Jika sensor berfungsi sehingga stater dapat di gunakan, Berarti kabel sensor yang original dari showroom memiliki kualitas rendahan.


Jika sensor tidak berfungsi, Maka lakukan lah terlebih dahulu pengecekan atas kerjaan yang kamu kerjakan tadi, Siapa tau ada kabel yang terlepas atau solderan yang kamu buat tadi tidak merekat atau tidak pada posisi yang tepat, Sehingga signal arus yang di beri dari tombol stater tidak tersalurkan.


Jika semua aman-aman saja dan tidak ada kendala sama sekali, Silahkan Ganti sensor CKP dengan yang baru dan usahakan menggunakan sparepart original nya, Agr kualitas dan ketahanan nya dapat di jamin oleh pihak kendaraan.


0 Response to "Sensor CKP Rusak?? Begini Cara Perbaikan nya, Simpel dan Sangat Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel