Curahan Hati Konsumen Yang Tidak Menghargai Jasa Kami

 

Masalah Bongkar membongkar itu adalah tugas rutin bagi para mekanik sepeda motor yang sudah cukup memiliki pengalaman di bagian mesin sepeda motor, Akan tetapi pekerjaan yang satu ini sering sekali di anggap oleh seorang pengendara sepeda motor sebagai pekerjaan mudah dan dapat di lakukan oleh semua orang tanpa harus memiliki pengalaman.


Tentu hal ini adalah sebuah penilaian yang tidak pantas di contoh oleh para pengendara sepeda motor, Yang dimana biasanya hanya paham mengendarai sepeda motor saja tanpa dapat memahami komponen apa saja yang ada di dalam mesin dan efek apa saja yang akan di alami mesin motor jika berkendara unggal-unggalan di jalanan.


Jika kamu adalah seorang pelajar SMK yang mengambil jurusan Otomotif ringan, Kamu juga akan memahami sekeras apa mekanik motor berfikir untuk penyelesaian masalah yang terjadi terhadap sepeda motor kamu, Ini bukan sebuah cerita dongeng yang saya rancang sedemi kian rupa kata demi kata, tetapi ini adalah sebuah curahan hati kami sebagai mekanik yang selalu menghormati anda sebagai konsumen kami, Yang selalu menghormati anda sebagai Pemilik masalah yang akan kami selesai kan dengan bayaran yang anda beri.


Kami belajar ilmu otomotif bukan untuk merusak motor anda yang sudah rusak malah makin rusak, Tetapi kami berusaha memperbaiki kerusakan sepeda motor anda sehingga anda puas dengan hasil dan pelayanan yang kami berikan, Jika anda bermasalah dengan harga part yang di gunakan maka silahkan komplin kepada pengusaha nya tetapi jika anda komplin dengan jasa atau pun ilmu yang sudah kami berikan maka anda butuh memahami arti dari sosok ilmu tersebut.


Kami belajar memahami setiap sudut mesin motor dari segala merk berteman makian dan cacian, Hanya sedekar mendapat kan ilmu tersebut kami bertahan bertahun-tahun dalam keadaan tersebut, Karna kami tahu Ilmu itu tidak dapat kami bayar dengan uang yang kami punya, Bahkan dengan nyawa kami sekali pun ilmu itu tidak akan dapat di bayarkan secara lunas.


Mungkin ada beberapa dari kami para mekanik yang bertebaran di seluruh indonesia memiliki sifat sombong, Angkuh, Pelit, iri, Dengki dan bahkan ada juga seorang pemakai narkoba.


Saya sebagai Mekanik telah bergelut dengan daki oli dan debu selama bertahun-tahun pastinya sudah pernah menemui berbagai macam sifat konsumen saya, Mulai dari angkuh, Dengki, iri, pelit, Sombong dan juga sebagai pemakai narkoba juga. Akan tetapi Pelayanan dan keramahan yang saya berikan tidak pernah berubah sampai saat ini, Saya selalu menghormati anda sebagai konsumen saya di bengkel tempat saya mencari nafkah, Saya selalu menghargai anda sebagai konsumen saya di bengkel tempat saya mencari pundi-pundi kehidupan yang fana ini, Itu karena saya tau kalau saya bukan menghormati atau pun menghargai sifat anda tetapi menghormati anda sebagai konsumen saya pada saat itu.


Prinsip yang saya bawakan dari Guru yang mengajari saya mulai dari nol itu adalah, ( Anda datang maka adalah konsumen yang patut saya hargai dan hormati, Jika anda beranjak 1 Meter dari tempat saya mencari nafkah maka anda bukan konsumen saya lagi atau bahkan anda juga bukan siapa-siapa bagi saya lagi ) Ini saya berlakukan untuk semua konsumen saya sejak dari dulu hingga saat ini dan hikmah nya yang saya dapat saat ini saya tidak pernah bermasalah dengan konsumen saya, Yang merasa puas dengan pelayanan maka akan datang kembali dan jika tidak pasti mencari kekasih hati yang lain lagi, Jika tidak ketemu pasti akan datang lagi.


Menjadi seorang mekanik itu tidak mudah, Kami bekerja membongkar dan memasang mesin sepeda motor anda dengan ilmu yang kami miliki, Kami menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada motor anda dengan otak yang berfikir cukup keras, Otang yang berfikir secara gamblang untuk mengorek memori yang ada di dalam nya dan juga kami menyelesaikan masalah kelistrikan motor anda dengan was-was, Karena jika ada yang salah sambung atau lupa membalut isolasi maka resiko berada tepat di depan mata.


Seharus nya anda memahami itu sebagai konsumen, bukan malah menjelek-jelek kan kami kepada mekanik lain, Bukan menyepelekan jasa yang kami berikan dengan bayaran yang anda berikan, Bukan juga sebagai tempat anda menilai sifat kami seperti apa, Iyu bukan hak anda, Hak anda jika menggunakan jasa kami sebagai mekanik hanya menerima hasil yang bain serta membayar jasa yang kami berikan tanpa ada kata penyepelean.


Saya juga sering mendapat konsumen yang Suka menyepelekan ilmu mekanik yang dimana dia memiliki kerusakan bagian kabel pada motor nya, Saya cek ternyata hanya sehelai kabel yang putus karena tikus atau pun di sebab kan yang lain nya, Dan setelah selesai saya kembalikan motor kepada konsumen serta kertas bon yang sudah di tulis harga jasa yang di kerjakan.


Poin satu yang saya ingat kan, Jika anda mampu menyepelekan pekerjaan seseorang berarti anda sanggu untuk melakukan pekerjaan tersebut, Lantas mengapa anda membawa nya kepada kami ???


Mungkin hanya menyambung kabel saja bukan lah pekerjaan berat yang sampai berfikit untuk menyelesai kan nya, Tetapi untuk mendapat kan titik lokasi penyebab dari masalah yang terjadi tersebut apakah anda mampu atau paham?? Tentu tidak kan!


Maka dari itu Menghargai kami sebagai mekanik juga menjadi tugas penting anda jika anda datang kepada kami dan kami juga begitu, Kami bekerja mendapat kan uang untuk makan serta membiayai keluarga di rumah, Bukan untuk mencari masalah kepada anda Wahai Konsumen Yang terhormat.


Satu lagi sebelum saya menyelesia kan tulisan ini, Apakah anda merasa nyaman saat dekat dan melihat sentuhan tangan kami terhadap motor anda secara detail, Jika anda merasa nyaman maka Kami Seluruh mekanik sepeda motor yang anda di indonesia ini mengatakan KAMI TIDAK NYAMAN.


Karena, keberadaan anda di sana Dapat mengganggu Gerak kami yang secara umum memutar dan mengintari di keseluruhan motor anda, Kami merasa terganggu karena kami tidak bebas saat melakukan pengecekan, Kami merasa terganggu karena tidak leluasa saat beranjak dari tempat duduk untuk mengambik kunci dan kami juga merasa anda menyepelekan kinerja kami sehingga anda memantau setiap kerjaan yang kami kerjakan.


Tempat duduk untuk anda bersantai sudah di siapkan, Maka duduk lah dan tunggu lah motor anda selesai, Setelah kami mengatakan motot anda selesai maka lakukan lah Komplin jika ada yang anda rasa tidak puas, Kami selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang kami kerjakan, Jika ada yang rusak karena kami Maka kami ganti, Jika ada yang kurang bagus atau anda kurang puas maka pengecekan dan perbaikan akan kami lakukan lagi.

Kata terakgir nya dari saya yang mewakili mekanik di seluruh penjuru indonesia atau pun di seluruh Penjuru bumi ini, Duduk lah dengan damai dan lakukan komplin jika anda merasa kurang puas saat sepeda motor anda sudah di katakan selesai.

Salam Kuku Ireng !!!!

Dibuka Lowongan Bagi para mekanik yang ingin berbagi ilmu Di sini, Mau itu ilmu Kelistrikan, Ilmu Mesin, Ilmu Decoration atau pengecatan serta Berbagi pengalaman sebagai mekanik.