Cara Merakit Kabel CDI Shogun Kebo/Badak dengan benar dan tepat

 

Rakitan kabel cdi memang membutuh kan ketepatan yang khusus bagi mekanik nya, Agar susunan-susunan kabel yang di sambungkan tidak mengalami kesalahan dan beda jalur.


Hal ini sebenarnya pekerjaan bagi mereka mekanik yang memiliki pengalaman yang khusus, Karena kamu harus mengingat dengan benar tempat kabel yang harus kamu sambungkan, Sehingga sepeda motor mendapatkan pengapian yang pas dan tidak korsleting.


Jika kamu masih memiliki ilmu kelistrikan yang kurang, Saya saran kan untuk membaca artikel yang ada di www.MPJMotor.com, Karena disini terdapat semua ulasan tentang otomotif yang kamu butuh kan.


Kali ini kami ingin mengulas tentang cara penyusunan kabel CDI Shogun badak atau biasa di sebut sebagai shogun Kebo walau pun sebenarnya nama dari sepeda motor suzuki ini adalah shogun 110 akan tetapi karena kekuatan nya yang sangat dasyat di jalanan sehingga timbul panggilan gelar bagi produk suzuki ini sebagai shogun badak atau pun shogun kebo.


Nah.. Bagi kamu yang belum menguasai kelistrikan dari sepeda motor ini pada bagian CDI nya, Kamu dapat menyimak nya di bawah ini.


Cdi Shogun 110 memiliki 6 pin pada cdi nya dan terdapat 4 kabel yang berfungsi dan memiliki kabel di soket nya untuk di sambungkan ke setiap kegunaan, dari ke empat kabel ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.


Cara Penentuan posisi kabel serta fungsi dari cdi shogun 110 ini antara lain.


1. Massa.

2. Pulser.

3. Koil.

4. Nol.

5. 12 Voltase Atau arus aki.

6. Nol.


Cara nya, Posisi kan pin CDI berhadapan kepada anda dengan posisi soket yang kecil di bagian bawah.


          Contoh.    

                          1.       2.

    

                          4.       3. 


            

                          5.        6. 



Jadi, Kesimpulan yang akan anda lakukan adalah, Menempatkan kabel yang benar serta fungsi yang tepat seperti ulasan yang ada di atas.


Biasanya warna yang di gunakan pada setiap kabel yang ada di CDI shogun 110 ini antara lain :


1. Massa.       : Hitam strip putih.

2. Pulser.       : Putih Strip Merah atau Hijau.

3. Koil.            : Orange.

4. Nol.             : NOL.

5. 12 volt.        : Coklat.

6. Nol.             : NOL.


Pada setiap kabel memiliki tempat tersendiri dan arus tersendiri juga, Jangan pernah membuat kabel yang ada di pin 1 menjadi ke pin 2 atau yang lain nya, Karena dapat menyebab kan korsleting pada bagian CDI motor sehingga dapat mengalamu kerusakan yang fatal.


Penentuan posisi pin juga harus kamu kuasai dengan cara memposisi kan Pin CDI berhadapan dengan kamu dan kira dari kiri ke samping dan ke bawah.


Semoga Bermanfaat !!