Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Engkol Motor Selalu Los Saat Di Selah

 


Banyak di antara kita yang sering mengalami saat motor di selah malah engkol nya los dan tidak dapat memutar komponen yang ada di dalam mesin. Hal ini menyebab kan kekesalan kita terhadap motor, Karena hal itu jam keberangkatan kita yang harus nya cepat jadi terhambat hanya karena engkol motor los saat di selah.

Hal ini sebenar nya dapat di sebab kan 2 hal yang sangat berpengaruh pada komponen yang berada di bagian Bak atau kop kopling motor anda, Yaitu Chage dan kampas kopling.

1. Chage

Pada sepeda motor yg menggunakan kampas ganda atau biasa di sebut motor bebek pastinya kamu akan menemukan chage pada bagian dalam mesin, lebih tepat nya di bagian rumah kampas ganda, Chage berfungsi sebagai pengikat satu arah pada krukas. 

Part ini juga sering mengalami kerusakan sehingga saat kamu selah kruk as tidak ikut berputar karena chage tidak lagi mengunci pada bagian kruk as, sehingga saat kamu selah yang berputar hanya rumah kampas kopling serta gigi rasio yang ada di dalm mesin.

Part ini sering dan amat sangat sering rusak pada motor Vega zr dan golongan nya, akan tetapi bukan berarti pada motor lain tidak bisa rusak, part ini tetap bisa rusak pada motor lain. Untuk mengetahui apakah part ini masih berfungsi atau tidak, Kamu tinggal memutar lonceng kampas ganda ke kanan dan ke kiri, jika salah satu arah yang kamu putar tertahan maka chage masih layak di pakai atau jika kamu putar di kedua arah tidak ada tahanan sama sekali maka sudah dapat di pastikan part itu sudah rusak dan perlu di ganti.

2. Kampas Kopling

Engkol los saat di selah juga bisa di akibat kan kampas kopling yang sudah habis. Hal ini cukup terbilang sering juga kejadian pada pengendara motor.

Kampas kopling yang sudah habis bukan hanya tenaga saja yang berkurang, akan tetapi selah juga bisa los. Karena tekanan per kopling tidak lagi dapat menekan kampas kopling seutuh nya sehingga kampas kopling dengan plat kopling memiliki jarak.

Di bagian kampas kopling memiliki sistem tekanan, Saat per menekan plat kopling juga tertekan ke rumah kopling bagian dalam yang memiliki ruang gigi sebagai tahanan.

Maka dari itu, jika kampas kopling habis jarak antara kampas kopling dan plat kopling pun ada dan sudah tidak di heran kan lagi jika engkol motor kamu los saat di selah.

Hal ini biasa nya di sebut oleh kami para mekanik sebagai KAMPAS KOPLING SLIP.

Semoga bermanfaat, baca selengkap nya masalah otomotif di sini secara detail.

Post a Comment for "Engkol Motor Selalu Los Saat Di Selah"