Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Ini Penyebab Sepeda Motor Kurang Bertenaga

 

Saat mengendarai sepeda motor pasti nya kita membutuh kan tenaga dari motor tersebut agar kita sampai pada tujuan tepat waktu, Akan tetapi sepeda motor yang sudah di pakai bertahun-tahun tentu akan mengalami pengurangan tenaga saat di bawa laju di jalanan, hal ini karena keausan mesin sudah mulai terasa oleh komponen-komponen yang ada di dalam nya.

Akan tetapi hal ini juga bukan di sebab kan satu komponen saja, Seperti yang sudah kita ketahui, Komponen-komponen atau part yang ada di dalam mesin berpengaruh ke tenaga bukan hanya satu saja akan yetapi ada beberapa part yang memiliki pengaruh terhadap porsi tenaga sepeda motor, Antara lain.

1. Kampas Kopling

Mesin sepeda motor yang mengalami kehabisan kampas kopling tentu akan mengalami kekurangan tenaga saat jalan di jalanan, Hal ini juga di ikuti oleh beberapa masalah seperti Kick stater atau engkol Los saat di engkol.

Hal ini dapat kamu ketahui dengan mudah dengan cara, Bawalah motor anda dengan kecepatan tinggi, gas full saat di pertengahan gas lakukan penarikan kopling dan lepas kan secara tiba-tiba, Jika motor kamu non-kopling tekan operan gigi setengah dan lepas kan, Jika mesin sepeda motor kamu mengaung sudah pasti kampas kopling nya habis.

2. Kampas Ganda

Untuk sepeda motor non-kopling dan matic seperti mio, beat, Vario, Nex, Aerox, Nmax hingga Xmax pastinya membutuh kan kampas ganda sebagai alat bantu penggerak roda atau bisa di sebut sebagai pendukung mesin.

Jika Kampas ganda mengalami kehabisan motor akan mengalami kejutan berkala saat di kendarai atau mungkin suara motor akan mengaung saat di bawa jalan.

Cara mengetahui kampas ganda habis dengan mudah, Yaitu dengan cara membawa sepeda motor anda dengan kecepatan rendah, Jika sepeda motor mengalami getaran yang super tinggi maka sudah dapat di pastikan kampas ganda mesin sepeda motor kamu sudah habis.

3. Stelan Klep Tidak Sesuai

Untuk bagian pengaturan kompresi, klep memiliki peran penting, Karena saat piston bergerak maka klep juga akan terbukan dan tertutup, Maka stelan klep juga harus pas dan sesuai dengan torsi kompresi yang di butuh kan, Jika stelan mengalami kerapatan yang berlebihan pastinya kompresi akan mengalami pengurangan karena belum waktu nya klep untuk terbuka  dan juga tertutup, Bahkan ada beberapa masalah yang di akibat kan klep menabrak piston, Ini di sebab kan Harus nya klep tertutup malah terbuka dan hal hasil nya tabrakan pun tidak dapat di hindarkan.

4. Top Teming Tidak Pas

Untuk penyettingan posisi top teming sebenar nya sudah ada tanda di bagian sisi mesin, Magnet dan gigi sentrik. kamu hanya tinggal menentukan ketepatan posisi dari ketiga tanda top tersebut, Yang harus kamu ingat "Posisi Piston Harus Di Atas Atau Di Ujung Blok" Jika terjadi kesalahan dalam peletakan top teming, Sepeda motor akan mengalami drop over dalam tenaga atau bahkan bisa saja klep akan menabrak piston karena hal ini.

5. Kotoran di Dexel Berlebihan

Kotoran yang menumpuk di ruang buang di bagian dexel juga dapat mempengaruhi tenaga sepesa motor anda mengalami pengurangan secara drastis, Seperti Gambar yang ada di Atas.

Hal ini karena pembuangan yang ingin di keluarkan melalui kenalpot tidak plong atau tidak luas, Sehingga kompresi yang harus nya di buang habis tertahan di dexel, Hal ini di sebab kan karena kurang nya dalam melakukan service di bagian dexel sehingga sisa-sisa pembakaran yang ada menumpuk di sana dama bentuk arang.

Ada pun masalah-masalah yang lain yang berpengaruh ke bagian tenaga mesin sepeda motor hal itu harus di perbaiki dengan benar, Ganti dengan yang baru komponen yang rusak dengan part original agar lebih awet, Karena jika kamu menahan atau melakukan penundaan terus menerus maka masalah akan merembet ke bagian yang lain nya.

Hal ini di sebab kan karena posisi mesin dalam pemaksaat saat anda bawa dengan kecepatan tinggi mau pun rendah, Saat melakukan hal tersebut maka piston dan beberapa komponen lain nya yang bergerak di dalam mesin juga akan mengalani pemaksaan dan ini sangat fatal bagi komponen yang lain nya.

Post a Comment for "Ternyata Ini Penyebab Sepeda Motor Kurang Bertenaga"