Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suara Berisik Pada Bagian Noken As Motor

 

Bearing Noken As

Suara yang berasal dari mesin motor adalah petanda ada nya kerusakan pada komponen yang ada di dalam mesin sepeda motor, mau itu kerusakan parah mau pun ringan akan tetap mengeluarkan suara yang dapat mengganggu kita para pengguna kendaraan roda dua. Hal ini pastinya mengurangi kenyamanan kita saat berkendara mau itu dalam jarak dekat mau pun jarak jauh.

Saat melakukan pengecekan suara juga seorang mekanik di haruskan memiliki ketelitian pada pendengaran untuk mengetahui atau menentukan pada komponen mana yang mengalami kerusakan, Apakah itu pada bagian klep, noken as, piston, stang piston atau komponen lain nya.

Di setiap part yang sudah mengalami keausan atau sudah mulai rusak memiliki suara yang berbeda-beda, jadi seorang mekanik pastinya sudah paham untuk membedakan suara part yang satu dengan part yang lain. Akan tetapi, apakah kamu pernah dengar suara kerusakan pada mesin motor akan tetapi saat di cek tidak mengalami kerusakan sedikit pun bahkan tidak ada goresan sedikit pun pada bagian part tersebut?

Ya, Saya pernah.

Part itu adalah bearing noken as bagian dalam, Suara kerusakan pada bearing ini sama persis dengan suara noken as yang sudah aus tanpa ada perbedaan sedikit pun. 

Pada saat itu juga saya merasa bahwa noken as nya sudah aus, karena suara nya sangat kasar saat tuas gas di tarik, mau itu dalam penarikan sedikit atau pun full. Saat di buka dan di perhatikan sejenak akan tetapi noken as tidak mengalami keausan sedikit pun dan tidak ada goresan sedikit pun pada bagian dinding as klep.

Setelah lama berfikir dan meneliti pada bagian dexel, Hingga akhir nya ketemu bearing noken as yang ada di bagian dalam sudah mengalami keausan atau kocak. 

Setelah ketemu, Lalu di bukan dan di ganti dengan yang baru dan pasti nya original bawaan merk motor. Setelh semua terpasang serta top teming juga sudah tepat maka saat di hidup kan suara kasar yang mirip dengn suara noken as aus pun hilang dan suara mesin pun kembali adem seperti baru.

Ingat !!!

Kerusakan pada komponen motor tidak hanya di bagin yang biasa saja, akan tetapi bisa saja kode suara yang kita dengar sudah pas akan tetapi masalah nya bukan yang sudah kita fikir kan, Ketelitian di butuh kan untuk hal seperti ini pada mesin.

Post a Comment for "Suara Berisik Pada Bagian Noken As Motor "