Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Honda Beat esp Sering Mengalami Ngempos, Ini Penyebabnya !!

 Sambil nunggu badan panas reda skuy kita sharing masalah honda beat esp yang sangat sering mengalami ngempos dan mode berubah-ubah saat di kendarai.

Faktornya banyak sih sebenarnya, tapi salah satunya dan yang paling umum terjadi di masalah ini adalah nilai o2 selalu tinggi pada motor tersebut dan itu lah yang mengakibatkan masalah yang sudah kita sebut di atas tersebut.

Akibat dan penyebabnya o2 tinggi apa sih?

Okeh, o2 itu sebenarnya banyak penyebabnya, antara lain adalah:

1. Motor ngasep

2. Klep ex bocor

3. Injektor keborosan

4. Busi minta ganti

5. Cop busi minta ganti

Lantas Bagaimna bisa kompresi mesin motor yang jadi masalah tingginya o2?

Sesuai pekerjaan serta fakta di lapangan yang kami temukan memang seperti itulah, hal itu di sebabkan karena algoritma program ecunya membaca serta memberikan signal sedemikian rupa.

Maka jika nilai atau angka traffik o2 tinggi maka mempersempit angka luapan injektor dan jika angka traffik o2 tinggi maka perubahan mode akan secra otomatis aktif agar bbm tetap pada posisi irit. 

Lantas kenapa bbm yang terbaca sedangkan penyebab nya mesin motor yang sudah berasap, harusnya itu yang terbaca bukan bbm?

Nah, hal ini lah yang kita butuhkan di lapangan yaitu pengalamannya. Sebenarnya asap yang terbaca oleh o2 di sensor di anggap sebagai bahan bakan minyak, jadi saat di reset sembuh dan akan kembali kambuh lalu hari selanjutnya di reset lagi dan sembuh lagi lalu Kumat lagi begitulah seterusnya jika asap tidak di perbaiki secepat mungkin maka pembacaan sensor juga akan ngaur kemana-mana.

Pada point ini sebenarnya lebih baik fokus di o2 sensor dan afr, karena salah satu kecerdasan buatan ecu yang sudah di tanamkan di dalamnya adalah mengirit dan memboroskan bahan bakan sesuai permintaan mesin, apalagi jika mesin dengan type maqs, yang tidak mampu mendeteksi kevakuman diruang intake trotle body sepeda motor. Maka jika kompresi mesin motor lemah alangkah baiknya memperbesar bukaan injektor agar mesin tetap hidup dan stabil seperti sedia kala.

Jika kita lihat dari gambar yang saya buat di atas ini, troble unit motornyamengalami sendat-sendat dan larinya berat bahkan kura-kura mampu mengejarnya.

Saat kami melakukam pengecekan di bagian klep ex, tidak ada samasekali pemandangan kebocoran, tetapi ketika di sambar bara api, kerak yang ada di dalam dexel atau head mesin tersebut menganga sehingga kompresi bocor.

Solusinya cukup mudah dan instan, kamu cukup melakukan skir klep in dan ex lalu mengganti seal/oring klep dengan yang baru ketika sudah selesai melakukan skir klep. hal ini biasanya di sebabkan kualitas bahan bakar yang cukup buruk dan juga motor jarang digeber atau di gas full, sehingga kerak sisa pembakaran yang ada di dalma head mengalami penumpukan di sisi klep ex dan tidak terpental keluar mengarah kenalpot saat mesin dalam posisi runing.

Post a Comment for "Honda Beat esp Sering Mengalami Ngempos, Ini Penyebabnya !!"