Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merakit Kabel CDI Shogun Kebo/Badak dengan benar dan tepat.

Merkait pengapin kabel cdi terbilang susah bro, kita membutuhkan ketelitian yang maksimal secara khusus jiwa mekanik biar penyusunan kabel cdi yang kita rakit gak terjadi korsleting karena kesalahan posisi sambungan kabel.

Pekerjaan satu ini sebenarnya job bagi  mekanik motor yang mempunyai pengalaman secara khusus, sebab kamu di harus kan untuk mengingat secara benar posisi kabel yang ingin kamu sambungin, Sehingga kendaraan bermotor memikiki pengapian yang kualitasnya pas dan tidak amburadul.

Jika anda adalah pelajar otomotif, Saran saya sering-sering lah berkunjung ke blog ini, Agar selalu mendapat pencerahan secara detail dan mendalam, Sebab di sini kami akan mengulas nya secara gamblang dan mudha di mengerti tentang otomotif yang kamu butuh kan secara pasti.

Sekarang kita akan membahas masalah bagaimana cara nya menyusun kelistrikan shogun kebo atau biasa pada bagian CDI, oh iya, Harus saya jelas kan motor yang satu ini juga biasa di sebuat shogun kebo meski aslinya sih shogun 110, Tapi antusias masyarakat terhadap motor ini cukup kuat karena memang tenaga nya di jalanan sudah tidak bisa di pertanyakan lagi. Maka dari itu timbul lah sebutan badak atau pun kebo karena memang dari kedua jenis ini sama kuat nya.

Oke lah kalau begitu, kalau kamu belum paham dan menguasai jalur cdi nya dna kamu juga mau belajar, Disini lah tempat yang tepat, Karena kami akan membongkar nya secara detail, Pantengin ae trus bro.

Pada umum nya shogun kebo ini memiliki 6 pin pada bagian soket CDI nya akan tetapi hanya 4 pin lah yang berfungsi, Sisa nya 0 (Kosong). Dari ke empat pin ini memiliki jalur dan fungsi berbeda dari kabel lain nya.

memiliki fungsi yang berbeda, Cara Penentuan posisi kabel dan juga fungsi dari cdi shogun kebo ini yaitu.

1. Massa.

2. Pulser.

3. Koil.

4. Nol.

5. 12 Voltase Atau arus aki.

6. Nol.

Pengertian pembacaan jalur di atas adalah, Hadap kan cdi ke kamu dan pastikan posisi soket cdi bagian kecil ( 2 Pin ) nya di bawah dan yang besar di atas ( 6 Pin ).

 Contoh.   

Bagian Atas.

 1.       2.

 4.       3.

Bagian Bawah 

5.        6. 

So... Selanjutnya anda melakukan penyambungan jalur kabel dengan baik dan menyatukan kabel yang satu ke yng satu nya lagi dengan tepat seperti yang sudah saya jelas kan di atas.

Bawaan motor shogun 110 biasa nya warna kabel nya seperti yang di bawah ini, Tapi ini bawaan motor ya, Beda lagi ceritanya jika sudah pernah di ganti.

1. Massa. : Hitam strip putih.

2. Pulser. : Putih Strip Merah atau Hijau.

3. Koil.     : Orange.

4. Nol.      : NOL.

5. 12 volt : Coklat.

6. Nol.      : NOL.

Di tiap kabel pun sebenar nya mempunyai tempay nya sendiri dan juga tegangan nya sendiri juga. Jangan sekali pun untuk berfikir memindahkan kabel yang di pin satu ke pin dua atau pun sebalik nya dan begitu juga dengan kabel yang lain nya, Semua harus berada pada tempat nya sendiri seperti yang sudah saya jelas kan di bagian atas, Karena, Jika kamu melakukan nya sudah dapt di pastikan akan terjadi korsleting pada CDI dan itu dapat berakibat fatal pada kerusakan CDI.

Penempatan yang tepat terhadap pin cdi pun harus anda ingat secara baik, Yaitu tempat kan CDI di depan kamu dan lihat soket pin nya yang 4 pin dan 2 pin lalu hitung lah dari atas sebelh kiri ke bawah, Ikuti jalur yang sudah saya buat di atas agar tidak terjadi korsleting.

Kamu juga yang berada di rumah bisa mencontoh nya agar kamu juga paham dan mendapat sedikit wawasan keilmuan kelistrikan motor legend ini.

Semoga Bermanfaat !!