Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara penempatan kabel kiprok suzuki thunder 125 dengan baik.

Dalam masalah perbaikan sepeda motor para mekanik pastinya sudah memahami dasar-dasar komponen kedaraan yang ada di keseluruhan sepeda motor tersebut. 

Meski dalam penanganan nya memiliki perbedaan-perbedaan yang sangat jauh akan tetapi para mekanik tetap memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan hasil yang sama dan konsumen pun merasa puas atas jasa yang kita berikan terhadap mereka.

Setiap sepeda motor pastinya memiliki jalur kelistrikan yang tidak mudah untuk di pahami dalam waktu singkat dan juga seharusnya memiliki ketahanan yang baik untuk mengalami kerusakan.

Hal ini di sebabkan karena bagian kabel kelistrikan sepeda motor memiliki tempat yang tertutup dan aman dari sentuhan benda lainnya yang tidak bersangkutan dengan kelistrikan. 

Pihak perusahaan dari kendaraan tersebut juga sudah memikirkan hal tersebut, sehingga membuat hal tersebut serapi mungkin.

Meski begitu, kendaraan sepeda motor pastinya pernah mengalami kerusakan terhadap komponen-komponen yang tercantum di sekitarnya, salah satunya adalah kiprok.

Kiprok adalah sebuah komponen yang ada di sepeda motor yang berfungsi sebagai adaptor dan juga sekalian sebagai charger aki. 

 Fungsi dari kiprok tetaplah sama dengan motor yang lain, meski memiliki bentuk dan soket yang berbeda-beda. Misalnya, kiprok Thunder 125 memiliki soket yang ada di luar dari kiprok itu sendiri sangat berbeda dengan kiprok jupiter mx yang memiliki soket menyatu dengan kiprok itu sendiri.

Ini sudah pasti sangat berbeda dengan kiprok thunder 125 old yang dimana soketnya berjarak sekitar 10CM dari kiprok itu sendiri.

Meski bawaan kiprok itu biasanya memiliki soket, akan tetapi kami sangat sering menemukan bahwa kiprok tersebut tidak lagi menggunakan soket melainkan sudah di sambung langsung ke kabel lainnya tanpa menggunakan soket sebagai alat penyambung.

Hal ini mungkin karena soket dari kiprok tersebut sudah rapuh atau pernah mengalami korsleting sehingga mengalami kebakaran di sekitar soket.

Kiprok Sepeda Motor

Akan tetapi, saat melakukan penyambungan dari kabel tersebut, para mekanik sering sekali mengalami kebingungan dalam penanganannya. karena kebanyakan kabel kiprok yang sudah tidak original pasti memiliki perbedaan warna dari kabel lainnya. 

Dibawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara penyambungan kabel kiprok Thunder 125 dengan benar.

1. Kabel yang memiliki warna hitam berfungsi sebagai massa.

2.Kabel yang berwarna hitam garis merah berfungsi sebagai positif/12v menuju aki.

3. Kabel hitam bagian kanan juga berfungsi sebagai massa.

4. Kabel hitam bagian tengah sebagai jalur dari spul berfungsi untuk pengecasan.

5. Kabel hitam bagian kiri sebagai jalur dari spul yang berfungsi sebagai arus lampu.

Penempatan dari kelima kabel ini harus kamu pahami dengan baik dan seksama agar tidak menimbulkan kerusakan seperti korsletingdan lainnya.

Karena jika mengalami kesalahan saat melakukan penyambungan pasti beberapa komponen yang memiliki jalur dari kabel tersebut akan mengalami kerusakan atau bahkan bisa jadi rusak secara menyeluruh seperti mulai dari spul, kiprok, cdi hingga ke kabel bodynya secara full.

Maka dari itu, sebelum melakukan penyambungan, mohon untuk melakukan riset terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah yang baru di kemudian hari.