Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan pernah melakukan setel klep ukuran standart pada motor yang baru turun mesin.

Pada umumnya klep sepeda motor sudah memiliki ukuranya masing-masing, setiap sepeda motor sudah memiliki ukuran nya sendiri dan itu dapat di lihat dari alat pengukurannya.

Sepeda motor yang baru melakukan pembongkaran pada mesin, biasanya tidak di lakukan untuk penyetelan sesuai ukuran standarya.

Hal itu di lakukan agar penyesuaian ukuran piston pada lubang blok/boring dapat terjadi sesuai dan presisi seperti apa mestinya.

Penyesuaian tersebut terjadi karena padatnya kompresi yang di dapatkan dari kerenggangan klep, andai jika kamu melakukan penyetelan klep sesuai ukuran standar maka tekanan kompresi sudah pasti akan melemah dan tekanan yang di dapatkan oleh piston pasti berkurang.

Ukuran Stelan Klep Motor

Seperti yang sudah kami lakukan saat sedang mengerjakan sepeda motor konsumen di bengkel MPJ Motor.

Kami telah melakukan beberapa kali pengujian pada sepeda motor untuk hal ini, dan hasil yang kami dapatkan adalah jauh lebih baik saat kami melakukan perenggangan klep pada mesin sepeda motor yang baru kami lakukan pembongkaran saat melakukan pergantian piston serta pembubutan pada blok/boring.

Meski hal perenggangan klep tersebut kami lakukan, bukan berarti kami membiarkan kerenggangan tersebut hingga berbulan-bulan.

Hal itu hanya bersifat sementara, setidaknya paling lama 1-2 minggu setelah motor selesai di perbaiki, dan setelah waktu yang di butuhkan sudah terpenuhi maka klep lebih baik di lakukan penyetelan ulang sesuai ukuran standarnya.

Serta lakukan pergantian oli sekaligus, agar sisa-sisa serbuk besi yang ada di dalam mesin yang berasal dari gesekan antara piston dan blok dapat terbuang sepenuhnya.

Karena, pada dasarnya saat piston melakukan gesekan pada blok maka pengikisan pun pasti akan terjadi pada saat itu juga, sehingga jika tidak di lakukan pergantian oli maka akan terjadi gesekan partikel serbuk mesin yang dapat merusak piston lebih cepat.

Hal ini juga dapat kamu lakukan sendiri dirumah jika kamu memahaminya, jika tidak, kamu bisa menyerahkannya kepada bang mekanik kepercayaan kamu. Untuk melakukan penyetelan klep sesuai ukuran standar motor tersebut.