Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sensor CKP sepeda motor matic rusak, Perbaiki sendiri dirumah.

Semakin bertambahnya tahun maka semakin canggihnya juga kualitas barang yang kita temukan sehari-hari, salah satunya adalah sparepart sepeda motor yang paling sering kita gunakan untuk beraktifitas kemana pun.

Sepeda motor saat ini yang kita gunakan juga semakin susah untuk di pahami oleh kalangan masyarakat biasa, salah satunya adalah sistem stater yang saat ini di gunakan pada motor tersebut.

Pada awalnya sepeda motor menggunakan stater otomatis masih menggunakan tenaga puratan yang sering sekali di sebut DINAMO STATER oleh kalangan mekanik.

Cara memperbaiki Sensor CKP

Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar mesin yang mendapatkan percikan api yang ada di bagian magnet mesin sepeda motor.

Sehingga di saat putaran mesin pada awal dinamo bekerja maka magnet juga akan menghasilkan percikan listrik yang akan di kirim menuju busi melalui CDI.

Akan tetapi, saat ini kebanyakan sepeda motor matic tidak lagi menggunakan dinamo stater sebagai alat penyokong untuk mempermudah menghidupkan mesin sepeda motor.

Sepertinya komponen yang satu ini sudah mulai di lupakan oleh perusahaan motor yang ada di indonesia dan mungkin bahkan di dunia.

Sebagai gantinya perusahaan-perusahaan sepeda motor saat ini sudah menggunakan sensor sebagai pendukung komponen di bagian stater motor, sensor tersebut bernama CKP atau bisa juga di sebut Crankshaft Position.

keunggulan dari sensor ckp ini cukup tinggi untuk meninggalkan dinamo stater sebagai komponen jadul yang ada di sepeda motor, hal itu di sebabkan karena sensor ckp lebih memiliki keramahan terhadap lingkungan sekitar.

Salah satu keunggulannya adalah tidak mengeluarkan suara ketika terjadi perputaran yang di akibatkan oleh sendor tersebut.

Akan tetapi, bukan berarti tidak memiliki kelemahan yang terdapat pada bagian ckp tersebut. Sensor ckp tetap masih memiliki beberapa kelemahan yang familiar, misalnya pada bagian kabel yang terhubung langsung ke arus kelistrikan yang bertegangan 12v.

Biasanya kendala yang kami temukan kerusakan pada sensor ckp adalah kabel yang sering keropos atau putus dengan sendiri nya di bagian tengah kabel tersebut.

Hal ini cukup memberi kesabaran untuk melakukan pengecekannya, karena kamu harus melakukan pengecekannya secara detail dan perlahan agar menemukan dimana titik masalahnya.

Jika kamu tertantang untuk memperbaikinya sendiri di rumah, silahkan simak artikel ini secara detail terlebih dahulu. Pastikan kamu memiliki dasar keilmuan otomotif, agar tidak menambah kerusakan pada sepeda motor mu.

1. Buka sensor CKP dari tempatnya dan keluarkan serta letakkan pada tempat yang sedikit rata dan bersih.

2. Lakukan pengecekan pada bagian kabel menggunakan multitester analog maupun digital.

3. Lalu lakukan pemotongan pada bagian kabel yang mengalami kerusakan menggunakan solder yang memiliki suhu panas yang cukup.

4. Ambil kabel baru yang memiliki ketebalan tembaga kuat dan tebal di dalamnya, terserah kamu mau ukuran kabel berapa.

5. Soldet kembali pada bagian kabel yang kamu potong sebelumnya, usahakan saat melakukan penyolderan menggunakan solder yang memiliki suhu panas maksimal, agar tidak lepas dan juga agar kelangsungan arus listrik yang di datangkan dari tombol stater tidak terganggu.

6. Setelah selesai semuanya, pasangkan kembali sensor CKP pada tempat awalnya kamu lepas tadi. Ingat, jangan terbalik.

7. Sambungkan soket kabel yang dari sensor ke soket kabel lainnya, pastikan soket tidak longgar. Selesai.

Jika stater sepeda motor mu dapat di gunakan kembali, maka disitulah penyakit sesungguhnya yang menyebabkan motormu tidak dapat di gunakan staternya.

Jika stater motormu tidak dapat di gunakan meski sudah di lakukan perbaikan pada kabelnya serta sudah di lakukan pergantian kabel menggunakan kabel yang memiliki kualitas tinggi, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan ulang pada bagian kabel yang baru kamu perbaiki tersebut.

Mana tau ada bagian-bagian yang mengalami kesalahan sehingga stater mu tidak dapat di gunakan.

Jika sudah di lakukan pengecekan ulang namun kamu tidak menemukan kesalahan apapun, maka sudah dapat di pastikan bahwa sebenarnya kerusakan yang terjadi bukanlah ada pada bagian kabel tersebut. Akan tetapi ada pada bagian sensor yang rusak.

kerusakan pada bagian sensor juga dapat di sebabkan oleh kabel yang korslet pada awalnya, maka Segera lakukan pergantian sensor CKP yang baru serta Original agar ketahan part yang kamu gunakan dapat bertahan sesuai keinginanmu.