Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah untuk mengetahui kerusakan sepeda motor jika mogok di jalan.

Sabagai orang awam dalam masalah sepeda motor, kita pasti memiliki rasa penasaran penyebab sepeda motor kita sendiri jika terjadi kerusakan secara tiba-tiba di jalan saat di kendarai.

Hal ini juga dapat menimbukan emosi secara perlahan.

Akan tetapi, jika hal ini terjadi pada motor kita, sudah dapat di katakan bahwa sepeda motor kita pasti jarang di lakukan perbaikan atau pun melakukan service rutin setiap bulannya.

Sehingga beberapa komponen yang sudah mulai rusak tidak dapat di ketahui oleh pemiliknya dan hal hasil mengalami kemogokan di jalan.

Cara memperbaiki Sepeda motor yang mogok

Biasanya jika sepeda motor mengalami mogok atau mati mendadak di jalan tidak lah rumit untuk mengetahui penyebab nya, antara lain.

1. Minyak.

Sepeda motor yang sehat pastinya menggunakan bahan bakar minyak, mau itu menggunakan pertalite atau pun pertamax.

2. Busi.

jangka pemakaian busi motor juga harus kamu ketahui agar hal tersebut tidak terjadi, Lakukan pergantian busi setiap 3 bulan sekali menggunakan busi original bawaan motormu.

3. Kelistrikan.

kabel kelistrikan motor juga harus kamu perhatikan secara seksama, terkadang ada beberapa tikus yang jahil merusak jalur kelistrikan sepeda motor sehingga fungsi dari arus yang ada di kabel tersebut terganggu.

4. Injection/injeksi

Sepeda motor saat ini sudah tidak lagi menggunakan karburator sebagai komponen pendukung di bagian pembakaran dan jalur minyak.

Sekarang sudah menggunakan ijection, di bagian komponen terdapat beberapa komponen pendukung yang bisa saja rusak secara tiba-tiba, seperti injektor dan full pump minyak.

kerusakan-kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba juga dapat di alami oleh komponen lainnya yang ada pada sepeda motor tersebut, maka dari itu, sebaiknya lakukanlah kebiasaan service rutin setiap bulannya untuk merawat motormu agar tidak terjadi kerusakan secara tiba-tiba di jalan saat di kendarai.

perawatan pada sepeda motor juga bagian dari keharusan dalam kehidupan loh, karena motor lah yang kita gunakan saat melakukan perjalanan jauh mau pun dekat. 

Bahkan jika kamu ingin pergi bekerja juga sering kamu gunakan agar kamu tidak merasakan letih untuk menempuh beberapa KM ke tempat kerjamu.

Maka dari itu, perawatan yang baik sudah semestinya kita lakukan untuk menjaga kesetabilan dan kelayakannya untuk di gunakan, sehingga kita juga dapat mengendarainya dengan nyaman tanpa takut terjadi kecelakaan di jalan.