Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab CVT Motor Matic Berisik, Disini Masalahnya.

Cara merawat sistem cvt motor matic.


 Sepeda motor yang kebanyakan di gunakan saat ini adalah motor type jenis matic, yang dimana pasarannya jauh lebih meledak daripada motor bebek biasa.

Kabarnya motor matic lebih memiliki kenyamanan yang jauh lebih baik dari pada motor biasanya yang sering kita gunakan, seperti motor bebek dan motor sport lainnya.

Meski begitu, para pengguna motor matic juga di tuntut untuk melakukan perawatan yang lebih, agar motor matic tersebut memiliki jangka pakai yang awet.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa motor matic tidak menggunakan rantai sebagai alat bantu pengerak pada roda belakang, melainkan menggunakan v-belt.

V-belt motor matic biasanya berada pada bak CVT di bagian belakang sebelah kiri mesin.

Untuk saat ini, cukup banyak konsumen MPJ Motor mengatakan bahwa motor matic mereka sering mengalami kerusakan pada bagian cvt.

Biasanya, cvt motor matic sering mengalami kerusakan, sehingga menimbulkan suara berisik pada bagian tersebut.

Dalam ilmu otomotif mengatakan bahwa jika ada suara berisik pada salah satu bagian mesin itu berarti ada komponen yang mengalami kerusakan.

Perlu diketahui bahwa di dalam cvt terdiri dari beberapa komponen yang penting bagi gerak lajunya sepeda motor matic.

Komponen-komponen tersebut adalah.

1. V-belt.

2. Polly.

3. Kampas Ganda.

4. Ruller.

5. Rumah Ruller.

Dari setiap komponen yang ada di atas, semuanya memiliki suara berisik yang berbeda jika sudah mengalami kerusakan ringan maupun parah.

Hal itu di akibatkan karena putaran serta kinerja yang di miliki tiap-tiap komponen juga berbeda-beda meski di dalam suatu ruangan yang sama.

Meski begitu, ada juga beberapa suara yang ada di bagian mesin depan sama persis seperti suara kerusakan yang ada di dalam cvt.

Salah satu contoh suara yang memiliki kemiripan adalah suara stang seher dengan suara rumah ruller gocak.

Dari kedua komponen ini sering sekali mekanik mengalami kesulitan untuk menentukan titik letak masalah yang sesungguhnya.

Karena, suara yang di hasilkan jika sudah mengalami kerukan sangat mirip dan hampir tidak ada perbedaan.

Maka dari itu, sebelum kamu ingin mengetahui cara kerja cvt motor matik, ada baiknya kamu memiliki dasar otomotif untuk masalah matic.

Karena, komponen cvt motor matic tidak lah hanya satu, melainkan ada banyak jika cvt kamu buka dan lepasin satu per satu.

Sistem cvt motor matic secara umumnya sama saja dengan motor lainnya yang menggunakan cvt akan tetapi memiliki perbedaan di bagian bentuk komponen cvt motor matic saja.

Jika motormu mengalami hal seperti yang ada di atas, ada baiknya serahkan langsung kepada mekanik kepercayaan kamu atau kamu juga bisa mempercayakannya kepada bengkel resmi sesuai merek motor kamu.

Untuk melakukan pembelian sparepart cvt matic dengan harga murah tetapi memiliki kualitas bintang lima, kamu bisa langsung ke toko Central Sparepart Motor.

Toko tersebut sedang melakukan promo diskon besar-besaran untuk tahun ini dan pastinya gratis ongkir ke seluruh indonesia.