Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kerak Pembakaran Menumpuk Di Lubang Kenalpot dan Cara Membersihkannya Dengan Mudah.

 Penyebab Kerak Pembakaran Menumpuk Di Lubang Kenalpot dan Cara Membersihkannya Dengan Mudah.

Bagi kita para mekanik sepeda motor, tentunya hal-hal yang ada pada mesin sepeda motor tidak lagi menjadi sebuah keheranan bagi kita.

karena, pada umumnya kita sudah amat sangat hapal tentang hal tersebut dan bisa di katakan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kita untuk dalam hal seperti ini.

Meski begitu, ada sangat banyak para pemula ataupun para pelajar otomotif yang belum paham banyak hal tentang mesin sepeda motor dan mungkin bahkan dasar-dasarnya saja mereka belum begitu menguasainya sepenuhnya.

Maka dari itu, disini saya ingin menjelaskan beberapa masalah yang ada pada mesin sepeda motor yamaha, Suzuki, Honda dan hingga kawasaki menurut versi yang kami temukan di MPJ MOTOR.

Masalah yang sering di mpjmotor.com sebenarnya ada sangat banyak, hal itu karena banyaknya kompenen yang ada pada mesin sepeda motor.

Hal yang ingin kami jelaskan kali ini disini adalah Penyebab Kerak Pembakaran Menumpuk Di Lubang Kenalpot dan Cara Membersihkannya Dengan Mudah.

Kerak yang sering kita temui di daerah lubang kenalpot sebenarnya berasal dari mesin itu sendiri, yang dimana saat mesin motor dalam posisi hidup, maka sudah di pastikan pembakaran di bagian dexel menyisakan beberapa partikel dari terjadinya pembakaran tersebut.


Maka dari itu, seiring berjalannya waktu saat kendaraan digunakan maka sisa-sisa pembakaran tersebut akan menumpuk di daerah lubang pembuangan mesin tersebut atau biasa kita sebut sebagai lubang kenalpot.

Penyebab menumpuknya sisa pembakaran ini juga dapat disebabkan oleh ausnya piston dan block atau poring dari mesin sepeda motor tersebut.

karena, dengan adanya masalah dari piston yang sudah mengalami aus, sehingga oli mesin yang seharusnya berada di bagian mesin tengah kini naik ke bagian ruang pembakaran bahan bakar.

Sehingga penumpukan sisa pembakaran yang berasal dari ruang pembakaran bahan bakar di bagian dexel akan menjadi lebih cepat.

Kalau masalahnya sudah seperti ini biasanya mesin sepeda motor akan mengalami berasap dari bagian kenalpot saat sepeda motor di kendarai.

Meski begitu, kamu bisa melakukan pembersihan ruang pembakaran hinga lubang kenalpon dengan sendirinya.

Kamu cukup membersihkanya dengan sikat pembersih mesin yang banyak di jual di pasaran atau di bengkel-bengkel terdekat atau kamu dapat membelinya secara online disini.

Untuk cara penanganannya mulai dari awal hingga akhir, kamu bisa lihat tutorialnya di Youtube kami di MPJ Motor.

Disana kamu akan di tunjukkan cara-cara membongkar mesin dengan baik dan mudah di pahami serta di jelaskan secara detail.