Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengerahui Ciri-ciri Kampas Kopling Sepeda Motor yang Sudah Aus atau Habis.

Sepeda motor bebek ataupun sport yang saat ini kita gunakan saat ini tentunya memiliki salah satu komponen yang di sebit sebagai kampas kopling, komponen yang satu ini berfungsi sebagai penekan perputaran mesin yang terhubung langsung ke as gear depan motor.

Sepeda motor bebek ataupun sport yang saat ini kita gunakan saat ini tentunya memiliki salah satu komponen yang di sebit sebagai kampas kopling

Kampas koling biasanya dapat kita temukan pada sepeda motor yang menggunakan gigi manual, seperti supra, smash, shogun, jupiter z, vega, jupiter MX, V-ixion, Ninja, verza dan lainnya.

Hal ini menandakan bahwa setiap komponen sepeda motor memiliki keeratan nya masing-masing terhadap komponen lainnya yang ada pada mesin, sehingga ketika salah satu dari komponen tersebut sudha mengalami keausan atau sudah mulai mengalami kerusakan, maka mesin akan memberikan tanda yang sangat spesifik sebagai penentu dari kualitas mesin tersebut.

Ada banyak orang yang memliki kendaraan bermotor yang masih menggunakan gigi manual tidak mengetahui ciri-ciri kerusakan yang terjadi pada motor ereka sendiri dan apa penyebabnya serta bagaimana menanganinya dengan baik.

Karena pada umumnya, para pengguna sepeda motor hanya mengerti cara menggunakannya saja, jika motor mereka mengalami kerusakan maka itu sudah menjadi urusan dari babang mekanik.

Meski begitu, kamu sebagai pemilik kendaraan bermotor tentunya harus dapat mengetahui dan merasakan bagus tidaknya daripada mesin motor yang kamu gunakan, karena biasanya mesin sepeda motor akan selalu memberikan petanda dari gejala masalah yang ada didalamnya.

Hal itu berguna agar mesin motor tidak menunggu mengalami kerusakan parah agar kamu lakukan perbaikan, sehingga uang yang harusnya kamu gunakan untuk perbaikan motor yang tadinya tidak seberapa malah menjadi sangat besar.

Ada banyak hal yang harusnya dapat kamu pahami tentang mesin sepeda motor, akan tetapi, disini kami akan menjelaskannya satu persatu untuk kamu pahami dengan baik, sehingga kamu dapat mencegah kerusakan parah yang terjadi pada mesin sepeda motor kamu.

Seperti judul kita kali ini adalah, Cara Mengetahui Ciri-ciri Kampas Kopling Sepeda Motor yang Sudah Aus atau Habis.

Untuk mengetahui kampas kopling yang sudah mulai aus atau sudah mulai habis terkikis sebenarnya mudah dan 100% dapat di pastikan dengan tepat tanpa harus konsultasi kepada mekani kepercayaan kamu.

Cara Mengerahui Ciri-ciri Kampas Kopling Sepeda Motor yang Sudah Aus atau Habis, Antara lain.

1. Kampas kopling sepeda motor yang sudah aus biasanya mesin akan mengalami kemerosotan sentakan saat kita melakukan pengoperan gigi dari gigi 1 ke gigi 2. Kampas kopling yang sudah habis jika kita melakukan pengoperan gigi tentunya akan terjadi seperdetik delay dari tenaga mesin dan menghasilkan suara ngaungan.

Hal itu terjadi karena tekanan yang di hasilkan dari per kopling tidak lagi mampu menekan kampas kopling hingga ke titik tertinggi, sehingga kampas kopling mengalami kelonggaran, hal ini terjadi karena kampas kopling sudah mengalami pengikisan atau aus.


2. kampas kopling yang sudah habis juga dapat di lihat dari tenaga dari mesin motor itu sendiri, biasanya mesin sepeda motor yang sudah mengalami keausan pada kampas kopling akan mengalami kemerosotan tenaga dari mesin tersebut.

Dapat kamu lakukan pengetesan pada jalan tanjakan yang biasanya kamu gunakan menggunakan gigi 3 pastinya tidak akan mampu lagi untuk menanjak menggunakan gigi tersebut, sehingga kamu harus menggunakan gigi 2 atau 1 untuk mendaki jalan menanjak tersebut.

3. Oli yang berwarna hitam pekat juga biasanya menjadi tanda-tanda keausan dari kampas kopling sepeda motor, hal ini karena gesekan yang terjadi pada kampas kopling sudha melebihi batas, sehingga gesekan tersebut akan menghasilkan warna hitam dan akan tercampur dengan oli sepeda motor.

Akan tetapi hal ini tidak menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk memastikan bahwa kampas kopling mesin motor sudah mengalami aus, karena semua yang ada di dalam mesin pastinya akan mengalami pergesekan antara satu dengan yang satu nya lagi. Tetapi cara ini dapat kamu gunakan sebagai pilihan untuk mengantisipasi terhadap kerusakan yang terjadi pada mesin sepeda motor.

Jika salah satu di antara ketiga ciri-ciri kerusakan kampas kopling di atas terjadi pada sepeda motor kamu, alangkah baiknya jika langsung konsultasi ke bengkel terdekat atau kamu juga bisa langsung ke mekanik kepercayaan kamu.

Karena, jika hal ini terus terjadi pada mesin, maka dapat di pastikan bahwa kerusakan pada komponen lainnya juga akan menyusul, sebab mesin motor yang mengalami keausan pada kampas koplingnya dapat di artikan seperti sepeda motor di gas sampai habis dalam keadaan netral, tentu hal tersebut tidak lah baik bagi mesin.