Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah Di Rumah.

Aki kering adalah aki yang di kenal tidak memiliki air accu di dalam nya akan tetapi ada gel yang di nasukkan di dalam yang fungsi nya tidak jauh beda dengan air accu biasanya, Meski begitu aki kering bukan berarti tidak bisa di isi air accu jika aki tersebut sudah mulai mengalami pengurangan power tegangan yang di hasilkan nya.

Sebenarnya aki kering juga bisa-bisa saja jika ingin di lakukan charger ulang, Akn tetapi doktrin di kalangan pengendara akan hal aki kering tidak bisa di cas ukang sudah menjamur, sehingga ketika aki sudah mengalami tegangan drop maka langsung di ganti deangan aki bru dan aki lama di buang, padahal, sebenarnya aki tersebut masih layak pakai, Hanya saja air accu yang ada di dalam nya sudah mulai berkurang atau bahkan sampai mengering, sehingga tegangan arus yang di hasil kan tidak begitu kuat dan cenderung lowbet.

Sebenarnya mitos itu semua tidak lah benar, Semua yang di fikirkan orang tentang aki kering tersebut tentulah salah dan sudah seharus nya di buang saja pemikiran-pemikiran yang seperti itu, karena akan membebani diri anda sendiri di kemudian hari. Bayangkan saja jika 1 aki jangka pemakaian nya 1 tahun dan ketika tegangan aki tersebut berkurang anda akab melakukan pergantian aki yang baru, Padahal aki tersebut sebenarnya masih layak pakai jika di tangan yang memahami aki tersebut, Disini anda sudah menghamburkan uang anda ratusan ribu setiap tahun hanya karena kurang nya pemahaman anda dan itu masih dalam satu part saja dari ratusan part yang ada di motor anda sendiri. Perbaikan Aki Kering Dirumah sudah seharus nya anda pahami dengan seksama.

Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan  Mudah Dirumah.

Pertama-tama anda menyediakan alat ini.

1. Kain lap.

2. Air bersih.

3. Suntik.

4. Air Accu (Biasanya berbotol Merah)

5. Obeng min atau alat lain nya yang berbentuk gepang seerti obeng min.

6. Lem kaca.

Cara penferjaan nya :

A. Ambil aki kering motor anda dan cuci terlebih dahulu jika aki berdebu atau ada kotoran lain di setiap sudut aki.

B. Lap hingga kering 

C. Congkel penutup aki di bagian atas yang bertuliskan "Do Not Open" buka pelan-pelan dan jangan sampai penutup patah, sebiknya gunakan pelindung mata untuk jaga-jaga dari air aki yang muncrat. Jika penutup yang di atas sudah terbuka maka buka lagi penutup karet yang ada di setiap lubang air aki.

D. Masukkan air aki ke dalam suntik dan masikkan di setiap lubang aki hingga setengh dari tempat air aki tersebut. Jangan sekali-kali mengisi air aki hingga penuh, karena akan merusak bagian motor anda yang disebab kan air aki merembes sedikit demi sedikit dan mengenai bagian aki motor anda.

F. Jika semua bagian lubang sudah terisi lalu tutup lubang menggunakan penutup karet, jika tidak ada penutup nya sebaiknya buat penutup sementara, bisa dari plastik bekas atau lain nya.

G. Cuci kembali aki menggunakan air, bila perlu menggunakan sabun agar tetap terjaga dari bekas air aki. Lalu lap aki hingga kering, jika di perlukan jemur lah di terik matahari agar kekeringan nya maksimal.

H. Jika aki sudah di pastikan kering dab tidak ada lagi berair, lalu olesin bagian sudut penutup aki yang ada di permukaan aki menggunakan lem kaca hingga merata. Jangan terlalu banyak dan terlelu sedikit, karena jika terlalu banyak akan merusak pemandangan anda sendiri karena lem berhmburan dan juga jangan terlalu sedikit, karena lem tidak akan merekat secara maksimal ke bagian penutup aki nantinya.

I. Tutup kembali aki dengan baik dan serapat mungkin, bila di perlukan pukul lah bagian penutup tersebut secara pelan menggunakan kunci T atau kunci lainnya, agar kerapatan dari penutup tersebut tetap terjaga.

J. Jika semua sudah dilakukan lakukan pengecasan hingga penuh, Anda bisa menggunakan alat charger aki motor atau anda juga bisa melakukan pengecasan menggunakan kiprok motor anda sendiri.

Semua pekerjaan yang saya sebut di atas sebaiknya di lakukan secara berhati-hati dan pastinya tetap memakai pelindung, mau itu kaca mata, sapu tangan atau yang lain nya. Hal ini untuk menghindari terkena nya air aki secara langsung ke bagian kulit kita yang nanti nya bisa mengakibat kan gatal atau buta jika terkena mata.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah Di Rumah."