Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Oli Motor Tercampur Dengan Air Radiator.

 

Sepeda motor saat ini cukup banyak yang menggunakan mesin DIASIL, yang dimana mesin ini rata-rata menggunakan air radiator sebagai pendingin nya.

Radiator atau biasa kita sebut sebagai air radiator atau pun water coolant adalah pendukung pendingin mesin yang kerap di gunakan mesin motor hingga mesin mobil juga menggunakan pendukung pendingin yang satu ini, Hal ini sangat membantu untuk menjaga suhu panas mesin agar tidak melampaui batas suhu panas yang di miliki mesin, karena jika tidak menggunakan air radiato atau mungkin mesin anda kehabisan air radiator maka sudah dapat di pastikan mesin akan mengalami "Over Head" yang bisa saja berujung meledak nya mesin atau mungkin piston mengalami pemuaian secara berlebihan dan pastinya ukuran piston semakin besar sehingga ukuran piston tidak sesuai dengan ukuran blok dan hasil nya akan lengket.

Kejadian ini sangat sering terjadi di kalangan pemotor, bahkan ada beberapa motor mereka yang mengalami kerusakan parah hingga menghabis kan jutaan rupiah untuk melakukan perbaikan, padahal jika di lihat secara detail, Penyebab hal yang satu ini bisa di katakan masalah yang sangat sepele dan bahkan tidak layak disebut masalah, karena hal tersebut terjadi karena keteledoran pengendara sendiri.

Penyebab hal ini biasanya yang paling sangat amat sangat sering terjadi di karenakan air radiator mengalami kekeringan hingga mesin tidak memiliki pendung pendinginan lagi dan hasilnya suhu panas yang di hasilkan mesin mendekam di setiap sudut mesi saja hingga akhirnya mesin tidak lagi mampu menampung suhu tersebut hingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kering nya air radiator sebenarnya bukan di karenakan air radiator habis karena suhu panas yang ada di mesin, Ternyata air radiator habis bukan karena suhu panas mesin. Ya, jika kita perhitungkan secara sudut pandang suhu panas pastinya kita berfikir kalau air radiator mengering di sebab kan karena suhu panas mesin, Padahal tidak sama sekali, kalau pun iya palingan kasus ini hanya ada 1% di keseluruhan motor yang menggunakan air radiator.

Alasan utama kering nya air radiator di akibat kan karena ada nya kebocoran di bagian karet sel radiator mesin, Kebocoran itu tidak dapat di lihat secara langsung dari luar mesin, karena jika kita melihat nya hanya dari luar mesin maka kondisi mesin akan terlihat baik-baik saja seperti biasanya.

Sel air radiator umum nya berada di bagian dalam mesin, posisi biasanya berdekatan dengan pompa atau kipas air tersebut. Sel tersebut pemisah as kipas air yang di gerakkan oleh mesin yang cenderung oli dan di sebelah nya daun kipas untuk mendorong air radiator menuju bagian blok mesin yang cenderung air. 

Maka jika sel tersebut mengalami kebocoran pastinya air akan masuk ke dalam mesin yang berisi oli dan begitu juga sebalik nya.

Masalah ini sebenarnya bisa kita ketahui dengan mudah, Anda cukup melihat warna oli motor anda saja sudah dapat memastikan mesin motor anda sedang mengalami masalh atau sedang baik-baik saja, jika warna oli berubah menjadi warna putih maka sudah di pastikan mesin motor anda sedang mengalami kerusakan di bagian air radiator dan jika warna oli anda berwarna seperti warna oli biasanya berarti tidak ada kendala di mesin anda.

Itu lah penting nya perawatan motor yang sudah di anjurkan pihak perusahaan merk motor, untuk berjaga-jaga agar anda terhindar dari kasus-kasus parah seperti ini. 

Kasus seperti ini juga pernah kami temui pada motor vixion yang dimana si pemilik mengatakan sudah 2  bulan tidak melakukan service rutin serta ganti oli, dalam posisi suara mesin yang sudah amburadul kami menyaksikan dagian dalam mesin sudah tidak ada oli yang berwarna hitam lagi, melain kan oli berwarna putih dan sebagian sudut mesin sudah berkerak berwarna putih dan pastinya si owner mengahbis kan banyaj rupiah dalam perbaikan ini.

Tetap lah jaga mesin motor anda dari berbagai kendala dengan cara service rutin ke bengkel kepercayaan anda atau ke bengkel resmi menurut merk motor anda, Ganti oli serta service ringan tidak menghabis kan rupiah anda hingga jutaan, palingan sampai 200k saja dan itu pun juga kampas rem anda memang sudah ikut di ganti, jika tidak palingan habis 100k doang sudah ikut dalam pengecekan dari depan hingga ke beleakang motor anda.

Jika anda memang benar pemilik kendaraan pertama pasti anda melakukan hal ini, karena anda tau berat nya cicilan dan tidak mau di beratkan kemabali dengan masalah baru lagi.

Semangat terus pejuang hidup yang lebih baik, semoga sang pencipta memberi seluruh berkat nya kepada kita yang taat akan dia.

Post a Comment for "Penyebab Oli Motor Tercampur Dengan Air Radiator."