Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Mesin Sepeda Motor Menggunakan oli Palsu.

 Saat ini banyak sekali beredar berita pemalsuan oli motor, Mau itu dari MPX, Federal, Enduro, Castrol, Shell dan merk oli yang lain nya.

Maka dari itu kita harus dengan bijak untuk memilih merk oli yang ingin di gunakan pada kendaraan kita, Karena pasalnya pemalsuan oli ini cukup teliti di lakukan oleh para pelaku tindakan pemalsuan oli tersebut.

Pemalsuan oli tersebut jika di lihat dari segi fisik botol oli dari luar sungguh amat sangat sama dengan produk aslinya, Mulai dari barcode, kemasan, bentuk hingga izin produksi nya juga mereka buat agar oli tersebut terlihat seperti oli asli dan baik di gunakan pada motor kendaraan kita.

Sebenarnya cara membedakan oli palsu dan original sudah saya ulas di artikel saya sebelum nya, jika anda belum mengetahui cara membedakan nya serta belum pernh baca artikel yang pernah saya ulas disini, sebaiknya anda juga ikut membacanya, Silahkan di cari pada postingan artikel saya sebelumnya.

Kali ini saya akan menunjuk kan sedikit masalah yang di akibat kan oleh oli yang menggunakan produk tiruan, Meski dari sisi luar sama persis seperti oli produk aslinya akan tetapi kualitas nya tentu tidak lah sama, melainkan akan merusak semua komponen yang ada di dalam mesin motor.

Saat ini saya kedatangan konsumen yang dimana kerusakan pada mesin motor tersebut cukup memprihatin kan, karena saat datang ke bengkel kita MPJ Motor keadaan kendaraan tersebut sudah berasap serta mengeluarkan suara yang sangat berisik dari sisi bagin tengah mesin.

Setelah kita lakukan pembongkaran dan ternyata, bagian noken serta bearing nya aus, Piston atau sehernya barret kasar dan setelah kita cek stang seher nya dengan cara memukul ke bagin dalam menggunakan tangan ternyata stang nya juga sudah kena dan harus di ganti. Setelah kita melakukan pengecekan pada mesin lantas kami memberikan arahan kepada konsumen agar melakukan perbaikan pada komponen yang sudah mengalami kerusakan tersebut.

Selesai negosiasi mulai dari merk part serta harga juga sudah di sepakati maka pembongkaran secara keseluruhan pun di lakukan.

Di saat selesai di lakukan pembongkaran serta pelepasan stang seher kami menemukan kejanggalan pada bagian tengah mesin motor tersebut, seperti yang sudah kita ketahui bahwa bagian tengah mesin atau bisa di sebut crankcase adalah tempat dimana oli mengendap sepenuh nya serta di kelilingi oleh beberapa bagian gigi rasio jika itu motor bebek atau sport dan jika matic maka hanya bagian crankshaf lah yang ada disana.

Di saat kejanggalan itu kami temukan maka kami segera mempertanyakan oli yang di gunakn oleh konsumen kami tersebut dan ternyata beliau menggunakan oli Yamalube matic sejak pertama kali beli motor dan saat pergantian oli beliau suka berpindah-pindah bengkel tanpa menentukan sebuh rekomendasi dari kerabat.

Disini kami menemukan di bagian dinding crankcase mesin motor terdapat kerak-kerak bekas oli, Seperti bekas gosong terbakar serta lendiran-lendiran yang hampir menyerupai lumpur di bagian dinding bawah.

Cukup mudah menebak hal tersebut, yaitu oli palsu yang sudah banyak beredar di seluruh pelosok negeri ini dan pastinya sudah banyak juga yang di sita oleh pihak kepolisian karena ketahuan.

Dari bentuk kejanggalan tersebut sudah dapat di pastikan bahwa mesin tersebut menggunakan oli yamalube matic yang palsu bukan yang original produk buatan dari perusahaan yamaha itu sendiri, karena jika oli yang di gunakan itu original maka mesin tidak akan memiliki kerak seperti yang terlihat di ganbar di atas, mungkin bagian mesin akan menghitam karena memang seharus nya oli mesin yang sudah lama di gunakan akan menghitam akan tetapi tidak lah meninggalkan kerak di bagian dinding mesin.

Selalu waspada untuk memilih oli untuk kendaraan anda, selain memilih kapasitas dari oli tersebut kamu juga harus pintar memilih oli palsu atau original, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Ciri-ciri Mesin Sepeda Motor Menggunakan oli Palsu."