Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Merawat Komstir Atau Raiser CRF Yang Keras Agar Tidak Mudah Berkarat.

Sepeda motor yang saat ini memegang rekor pemakaian di pegang oleh pihak Honda melalui produknya yang sudah menggemparkan pasaran sepeda motor di indonesia, meski mendapatkan bullyan dari beberapa orang atas spesifikasi yang di sediakan akan tetapi peminat dari motor honda crf 150 ini tidak surut begitu saja.

Banyak yang mengatakan bahwasanya sepeda motor honda crf 150 tersebut memiliki mesin motor honda verza 150 yang dimana pada saat pemasaran motor tersebut juga mengalami penjualan yang sangat tinggi di pasaran. Semakin banyak penjualan yang di lakukan oleh pihak honda maka semakin terlihat juga keluhan para pemakainya yang hampir semua sama keluhannya yaitu bagian stang/komstir atau biasa di sebut juga mangkok stang memiliki ketahanan yang tidak maksimal atau rentan mengalami masalah.

Dari keluhan tersebut kami berniat untuk menelusurinya secara langsung penyebab dari masalah tersebut serta cara perawatannya agar tidak terjadi keluhan lagi para penunggu Honda CRF 150.

Dari penelusuran yang kami lakukan bahwa bagian komstir atau mangkok stang honda crf 150 tidak memiliki pelindung yang maksimal di bagian atas nya, sehingga air dapat masuk dengan bebas ke bagian dalam komstir sehingga menyebabkan berkarat di setiap sudut komstir di tambah lagi Gris atau gemuk yang di gunakan dari pihak honda hanya sedikit sehingga saat air mengalir ke bagian tersebut maka gris ikut terhanyut dengan aliran air tersebut dan timbul lah karat yang menyebabkan stang motor kamu keras.

Maka dari itu kami berpendapat bahwa untuk merawat dari komponen tersebut sebenarnya cukup mudah, Hal ini ada 2 cara yang kami simpulkan serta kami lakukan di bengkel MPJ Motor.

1. Pemberian Pelumas.

Jika stang motor kamu yang masih baru sudah mengalami pengerasan saat di kendarai maka di saat itu juga karat sudah menjamur di bagian komstir atau mangkok stang sepeda motor kamu, untuk memulihkan kembali keringanan daripada stang sepeda motor kamu, kamu cukup mengaliri oli pada bagian mur drat stang motor kamu yang di bagian komstir, lakukan hal tersebut setiap hari agar tidak terjadi penumbuhan karat di bagian tersebut dan pastikan bahwa oli yang kamu alirin masuk ke dalam, untuk penggunaan oli kamu bisa memakai oli kotor motor kamu sendiri yang sudah kamu ganti atau bisa juga menggunakan pelumas dari WD 40, Lakukan setiap hari maka di pastikan karat tidak akan muncul lagi di komstir kamu sampai rusak.

2. Service Komstir.

Bagi sepeda motor untuk urusan service memang biasanya hanya di bagian mesin saja, Seperti service karburator/trottle body, CVT, Head dan klep dll. Akan tetapi kami membuat bahasa service yang baru di bengkel MPJ Motor, yaitu service komstir.

Sebenarnya untuk masalah motor baru stang keras ini tidak hanya terjadi pada CRF 150 saja, akan tetapi masalah ini juga di alami oleh motor lain dari perusahaan lain, seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lainnya. Maka dari itu kami membuat bahasa baru untuk masalah stang motor.

Untuk melakukan service komstir biasanya di lakukan pencucian dan pembersihan dari karatan yang ada di sana lalu pemberian gris/gemuk yang banyak ke dalam, sehingga walaupun air dapat masuk ke sana maka akan mengalami prosea yang penjang untuk menghabis kan gris yang ada di dalam, karena gris bersifat minyak maka di pastikan karat tidak akan bisa tumbuh disana kalau masih ada minyak yang melumasi.

Cara ini sangat efektif untuk semua motor yang sudah kami kerjakan, Karena memang pada dasarnya motor baru itu tidak memberi gemuk ke bagian komstir yang cukup akan tetapi hanya sedikit saja bisa di katakan dibawah dari kata cukup dan di tambah lagi pelindung karet yang biasa kita temukan di motor lawas tidak ada di motor jaman sekarang, mungkin ini trik marketing atau memang begitu konsep dari motor tersebut, kita tidak tau yang pastinya logika ilmiah manusia akan langsung menangkap bahwa besi yang di aliri atau di genangi air lalu kering dan begitu seterusnya maka akan menimbulkan jamur yang di sebut karat atau karatan.

Post a Comment for "Cara Mudah Merawat Komstir Atau Raiser CRF Yang Keras Agar Tidak Mudah Berkarat."