Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memilih perbaikan kabel body sepeda motor yang baik dan tahan lama.

Kabel body sepeda motor murah

Sepeda motor yang saat ini kita gunakan bukan lah sepeda motor yang tahun keluarannya baru semua dan memiliki masa pakai sedikit. Akan tetapi, motor yang di gunakan saat ini kebanyakan keluaran lawas atau mungkin ada yang sudah seumuran kamu.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sepeda motor masuk ke negara kita di indonesia saat masa penjajahan yang berlangsung sangat lama, mungkin kamu belum lahir atau orang tua kita dan mungkin nenek dan kakek kita belum ada pada masa masuknya sepeda motor ke indonesia.

Meski begitu, sepede motor yang saat ini di gunakan bukan lah sepeda motor pada masa itu, melainkan keluaran setelah jauh dari sejak negara kita sudah merdeka.

Seperti yang sudah kami alami di bengkel MPJ Motor, bahwa sepeda motor yang saat ini kami temui adalah keluaran tahun 1970-an ke atas, seperti honda cap 70 salah satu nya dan pastinya masih banyak lagi merk sepeda motor yang masih belum kami sebut.

Dari semua sepeda motor tua yang kami temui di bengkel, memiliki banyak kerusakan yang tidak terduga di bagian kelistrikannya. hal ini karena sudah tua atau mungkin memang selama ini tidak ada perawatan khusus untuk motor tersebut.

Bagian kelistrikan sepeda motor yang terdiri dari bagian-bagian part tertentu yang di butuhkan sepeda motor pastinya memiliki kegunaanya sendiri, seperti saklar, soket serta part kelistrikan lainnya.

Akan tetapi, kali ini kita tidak membahas masalah masalah part yang saya sebut di atas, melainkan bagian kabelnya saja.

Sepeda motor umum nya memiliki sangat banyak kabel yang dimana setiap kabel memiliki jalurnya masing-masing. setiap helai kabel memiliki jalur sendiri dan kegunaannya sendiri, mau itu jalur CDI, Kiprok, Aki dan lainnya.

 Meski begitu, ketahanan dari kabel tersebut pastinya memiliki jangka yang sudah di tentukan oleh pabrikannya sendiri. Biasanya ketahanan kabel daripada sepeda motor hanya berjangka selama 2-4 tahun setelah kabel tersebut di aliri oleh Tegangan listrik.

Dan setelah jangka tersebut sudah tercapai maka biasanya tembaga dari kebel itu akan mengalami kekeroposan secara perlahan, sebenarnya saat jangka pemakaian selama 2 tahun sudah mengalami kekeroposan, akan tetapi hal itu masih lah permulaan dan biasanya permasalahannya tidak lah parah.

Biasanya jika mekanik mendapat pekerjaan seperti hal ini pasti akan melakukan perbaikan pada kabel tersebut, mau itu di Jumper atau pun di sambung langsung menggunakan kabel yang baru.

Kali ini kami akan memberikan ulasan tentang cara memilih kabel body sepeda motor.

Bagi kamu yang memiliki sepeda motor yang dimana kabel kelistrikannya sudah mengalami kerusakan yang amat sangat parah, maka kami sarankan untuk melakukan perbaikan secara penuh terhadap kabel tersebut.

Cara perbaikan kabel kelistrikan sepeda motor ada dua cara yang dapat kami lakukan, Yaitu.

1. Mengganti Kabel Body.

Mengganti kabel body sepeda motor dengan kabel body yang baru adalah cara yang sangat simpel dalam dunia otomotif sepeda motor.

Hal ini karena amat sangat banyak kabel body yang di jual di pasaran atau pun di marketplace online dan juga memiliki harga yang beragam, lebih tepatnya kualitas di tentukan oleh harga.

Akan tetapi, saran saya jauh lebih baik menggunakan part original daripada sepeda motor kamu itu sendiri, agar kualitas yang kamu pakai juga standart dari pabrikan motor kamu sendiri.

2. Merakit Kabel Body Dari Awal.

Ada beberapa sepeda motor yang dimana sparepatnya sudah tidak tersedia di pasaran untuk kamu beli, hal ini juga sering kami alami di bengkel saat ingin mengerjai motor bagian kabel, sehingga solusinya adalah melakukan perakitan ulang bagian kabel secara menual.

Untuk melakukan perakitan bagian kelistrikan memang bukan lah pekerjaan yang mudah, pekerjaan yang satu ini memiliki kesusahannya tersendiri dan juga tidak sembarangan untuk menanganinya.

Biasanya hanya mekanik yang sudah memiliki pengalaman lebih lah yang mampu mengerjakan pekerjaan sesusah itu.

Meski begitu harga yang di tetapkan oleh mekanik untuk hal ini juga pastinya lebih mahal dari pada membeli baru, akan tetapi kamu bebas dalam memilih kualitas kabel yang kamu inginkan untuk cara yang satu ini.

Ada beberapa pemilik sepeda motor yang dimana kabel sepeda motor nya sudah mengalami kerusakan akan tetapi memilih cara perbaikannya dengan merakit kabel kelistrikan sepeda motornya dengan manual.

Hal tersebut karena kamu bisa dengan bebas memilih kualitas dari kabel yang ingin kamu gunakan di sepeda motor, tidak seperti kamu membeli yang pabrikan.

Part kabel yang dari pabrikan tentunya sudah di batasi masa pemakaiannya beberapa tahun kedepan setelah pemakaian.

Jika kamu melakukan perakitan ulang secara manual kepada mekanik kepercayaan mu maka kamu dapat memilih kualitas dari kabel yang ingin kamu gunakan dan itu pastinya akan mempengaruhi masa kerusakan yang akan kamu alami di kemudian hari.

Kebebasan mu dalam memilih kualitas dapat kamu bandingkan dengan kualitas part original dari sepeda motor mu dan pastikan memiliki ketahanan yang melebihi dari originalnya agar tidak kecewa.

Dan pastikan mekanik yang menangani sepeda motor mu juga sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk hal kelistrikan sepeda motor, karena kerusakan yang akan datang bukan dari kualitas kabel tersebut, melainkan dari cara mekanik itu sendiri dalam pengerjaannya yang tidak baik.

Untuk kedua cara memilih perbaikan kabel body sepeda motor di atas dapat kamu pilih sesuai kebutuhan mu. Sebenarnya kedua cara tersebut adalah yang terbaik daripada di sambung-sambung saja menggunakan kabel yang memiliki kualitas tidak jelas.

Meski cara tersebut adalah yang terbaik pastinya memiliki kelebihannya masing-masing dan itu di tentukan oleh kebutuhanmu sendiri.