Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara melihat keadaan sepeda motor menggunakan warna sisa pembakaran busi.


Ciri-ciri warna pembakaran busi motor.

Setiap memiliki sepeda motor bukanlah berarti sudah memahami bagaimana cara mengetahui kerusakan dari sepeda motor itu tersebut.

Ada sangat banyak para pengendara roda dua yang tidak memiliki fikiran untuk memperbaiki motor sendiri, atau mungkin hanya sedekar saja.

Akan tetapi, hal itu sebenarnya sangat kita butuhkan sebagai modal berkendara, meski hanya sekedar formalitas saja, akan tetapi akan berguna untuk kedepannya.

Misalnya, ketika sedang mangalami mogok di jalan saat berkendara, dasar-dasar perbaikan sepeda motor adalah alat yang kita butuhkan untuk melakukan pengecekan sepeda motor tersebut.

Untuk mendeteksi kerusakan sebenarnya hanya dari busi saja kita sudah dapat memahami kendala dari kerusakan motor tersebut.

Karena, warna sisa pembakaran dari busi tersebut sudah ketahuan dimana kerusakannya.

Untuk mengetahui cara melihat kerusakan sepeda motor melalui warna sisa pembakaran cukup mudah, Misalnya.

Warna-warna busi yang sudah di gunakan.

1. Busi Putih.

Sepeda motor yang memiliki sisa pembakaran berwarna putih yang artinya motor mengalami kekeringan atau bisa di sebut terlalu irit, cenderung motor yang hal seperti ini mengalami mesin cepat panas dan suaranya menggelitik.

Kondisi seperti ini akan memberikan efek negatif terhadap mesin, salah satunya ialah ring piston yang mengalami keausan terlalu dini.

2. Busi Abu-abu.

Busi yang memiliki warna abu-abu adalah busi yang normal, busi motor yang berwarna abu-abu menandakan motor anda irit standart SOP.

Tarikan serta tenaga yang di miliki motor yang memiliki busi berwarna seperti ini juga sangat bagus, hal itu karena, pembakaran yang di hasilkan dari motor itu cukup baik dan sempurna.

Hal itu karena mesin bekerja pada suhu yang ideal dan tidak memiliki kendala, akan tetapi, busi yang seperti ini sangat tidak di rekomendasikan untuk melakukan perjalanan jauh atau touring.

3. Busi abu-abu bersemu merah.

Busi abu-abu bersemu merah adalah warna busi yang sedikit lebih rich dari normalnya, motor yang seperti lebih irit dari pada motor normal akan tetapi memiliki tenaga yang tidak berkurang dari stelan motor normal.

Pembakaran bersih dan mesin bekerja sempurna pada suhu yang paling ideal, busi yang seperti ini sangat cocok di pakai di dalam kota maupun perjalanan jauh.

4. Busi merah bata.

Busi dimana mesin bekerja full power dari rpm bawah hingga atas adalah ciri-ciri busi yang satu ini.

Tingkat kebrsihan ruang bakar yang di miliki mesin yang seperti ini cukup normal, selain itu, irit dan performa tinggi adala ciri-ciri dari busi tersebut.

Akan tetapi, busi yang seperti ini sangat tidak cocok untuk di daerah perkotaan yang memiliki jarak tempuh yang begitu pendek.

Busi yang seperti ini biasanya di gunakan untuk kendaraan yang memiliki jarah tempuh jauh atau kendaraan touring.

5. Busi hitam.

busi yang berwarna seperti ini tidak perlu lagi di jelaskan secara detail, karena semua orang sudah tau bahwa motor yang memiliki warna sisa pembakaran seperti ini memiliki tingkat keborosan yang over.

Performa yang di miliki kendaraan yang memiliki busi seperti ini juga sangat tidak layak untuk di kendarai, karena tenaga loyo dan tidak memiliki tarikan saat di gas.

Kelima cara melihat keadaan motor melalui warna busi yang ada di atas adalah yang biasanya kami temukan di bengkel MPJ Motor.

Bagi kamu yang ingin memiliki tingkat pembakaran yang normal, usahakan selalu menggunakan busi yang berkualitas baik, Kamu bisa membelinya di toko PT Brisk Busi Indonesia secara online.

Harga yang di tawarkan oleh mereka adalah harga pabrikan, karena mereka masih distributor pertama dari pabrik busi tersebut.

Lakukan juga pergantian busi secara berkala untuk menghindari kegagalan pada pembakaran saat motor sedang dikendarai yang dapat mengganggu perjalanan anda dan juga menambah kekesalan anda.