Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah oli motor wajib harus di ganti secara berkala? ini jawabannya.

 

Akibat motor tidak pernah ganti oli.

Baru-baru ini banyak sekali kontropersi tentang tidak pentingnya untuk mengganti oli mesin sepeda motor secara berkala.

Pernyataan-pernyataan tersebut sering sekali kita temukan di sosial media, seperti facebook, instagram, youtube hingga tiktok. 

Walau kita ketahui bahwa yang mengatakan hal tersebut bukan lah yang memahami bagaimana kinerja mesin motor yang mereka kendarai.

Mereka yang berkata hal tersebut adalah mereka yang tidak mengerti akan mesin dan mungkin juga mereka yang habis di marahin emaknya sehingga melampiaskan kekesalannya kepada oli motor.

Perlu diketahui bahwa oli yang berada di dalam mesin berfungsi sebagai pelumas dari komponen-komponen yang ada di dalam mesin.

Salah satu contoh komponen yang amat sangat membutuhkan lumasan dari oli tersebut adalah piston.

Piston mesin sepeda motor memiliki kinerja naik turun yang berada tepat di tengah blok mesin, sehingga gesekan-gesekan yang di hasilkan dari kinerja tersebut dapat menimbulkan panas yang berlebihan.

Maka dari itu peran daripada oli tersebut sangat di butuhkan di dalam mesin, agar gesekan yang terjadi antara piston dan blok tidak terlalu berlebihan.

Karena, dengan adanya oli sebagai pelumas di dalam mesin gesekan yang dapat merusak komponen mesin dapat terhindar dengan mudah.

Oleh sebab itulah oli sepeda motor harus di ganti secara berkala dan menggunakan oli yang memiliki kualitas baik.

Sebenarnya, untuk perihal pergantian oli sudah di tetap kan oleh pihak dealer jangka jarak tempuh agar dapat di ganti oli dengan yang baru.

Akan tetapi, ada juga beberpa mekanik yang menyimpulkan bahwa pergantian oli motor dapat di lakukan dalam jangka waktu 1 bulan sekali.

Mesnurut kami sebenarnya semua sama saja, tergantung pemakaian oleh pengendara tersebut, karena, semakin jauh jarak yang di tempuh oleh motor maka sebaiknya semakin cepat juga oli di ganti dengan yang baru.

Dalam hal ini, kami menerapkan 3 kategori dalam melakukan pergantian oli menurut mesin motor itu sendiri.

1. SOP Dealer.

Dealer sepeda motor yang kamu miliki saat ini sudah menerapkan SOP pergantian oli sebelum hal ini di ributkan di mana-mana.

Menurut pandangan kami di bengkel MPJ Motor, SOP dealer hanya dapat di ikuti oleh pengendara yang memiliki jarak tempuh pemakaian yang pendek, misalnya kesekolah antar jemput anak, kepasar belanja, super market dan jarak tempuh pendek lainnya.

2. SOP Bengkel.

Bengkel-bengkel yang ada di pinggir jalan biasanya memiliki jangka waktu pergantian oli tersendiri, hal ini karena, konsumen yang sering berkunjung disana adalah para pekerja.

Seperti yang kita ketahui bahwa para pekerja biasanya menempuh perjalanan yang lumayan jauh untuk sampai ke tempat kerja mereka.

Jangka waktu yang mereka terapkan juga biasanya sebulan sekali merekomendasikan untuk menggunakan oli yang memiliki kualitas di atas standart.

3. SOP Motor capek.

Sepeda motor yang biasanya memiliki kinerja yang over sering sekali merasakan panasnya mesin yang berlebihan.

Motor yang seperti ini sering kita temui di daerah-daerah terpencil yang dimana motor tersebut di gunakan sebagai alat untuk menarik suatu benda yang jauh dari kata normal berat muatan yang di bawa.

Biasanya para mekanik lebih menyarankan motor yang memiliki kinerja seperti ini 2 minggu sekali untuk mengganti oli yang berkualitas tinggi.

Karena, jika melakukan pergantian oli seperti jadwal yang ada di nomor 1 dan 2 maka oli yang ada di dalam mesin sudah terlanjur kering dan itu sangat tidak baik untuk mesin sepeda motor.

Lakukan lah pergantian oli berkala secara rutin untuk menjaga kesetabilan pelumasan komponen yang ada di dalam mesin sepeda motor, karena, jika tidak mesin kamu akan mengalami seperti yang ada di gambar.

Karena, jika pergantian oli tidak kamu lakukan secara rutin, maka ketika komponen sudah mengalami aus di saat itu lah kamu akan merasa pusing untuk mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk biaya perbaikan motor tersebut.

Selalu gunakan oli yang memiliki kualitas baik dan tidak menggunakan produk palsu agar tidak sia-sia nantinya meski sudah rutin dalam pergantian oli.

1. Shell.

2. Castrol.

3. Federal.

4. Top 1.

5. Evalube.

Kelima oli yang ada di atas ini memiliki kualitas yang terbaik untuk saat ini dan layak untuk kamu gunakan dalam keadaan touring dan non touring.