Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Air Radioator Cepat Panas Saat Sepeda Motor Digunakan.

 

Berbicara tentang air radiator pada mesin sepeda motor, saya rasa motor tahun dahulu hingga tahun sekarang tidak pernah berubah, semua sama saja memiliki fungsi yang sama.

Berbicara tentang air radiator pada mesin sepeda motor, saya rasa motor tahun dahulu hingga tahun sekarang tidak pernah berubah, semua sama saja memiliki fungsi yang sama.

Karena, pada umumnya air radiator sepeda motor berfungsi sebagai pengontrol suhu panas yang ada pada mesin motor.

Sehingga sirkulasi suhu yang dihasilkan oleh mesin dapat stabil dan tidak mencapai hingga over head atau terlalu panas.

Maka dari itu, sepeda motor sangat membutuhkan radiator ini meski ada beberapa motor yang tidak menggunakan radiator sebagai pendingin pada mesin.

Jika kita lihat dari semua kendaraan roda dua yang saat ini banyak digunakan, maka kamu akan tahu bahwa motor tersebut menggunakan air radiator sebagai pendingin atau tidak.

Karena, motor yang menggunakan radiator pastinya memiliki kelemahannya tersendiri pada komponen mesin yang digunakan.

Kecendrungan ketahanan komponen mesin yang digunakan oleh motor tidak menggunakan radiator jauh lebih kuat daripada motor yang menggunakan radiator.

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui kegunaan motor yang ingin kamu gunakan sebelum melakukan pembelian motor.

Meski begitu, sepeda motor yang menggunakan radiator sebagai pendingin mesin tentu memiliki masa kerusakannya.

Walau kita tidak dapat memastikan kapan komponen tersebut mengalami kerusakan, akan tetapi hal tersebut sudah dapat di pastikan dengan jelas.

Kerusakan radiator motor dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu.

1. Seal Bocor.

Seal air radiator yang sudah mengalami kebocoran adalah hal yang paling sering terjadi pada sepeda motor.

Karena, seal air radiator terbuat dari karet, sehingga jika karet di masukkan ke air panas lama kelamaan akan mengalami pengerasan.

Hal itulah yang sering terjadi pada seal radiator sepeda motor.

Perlu kamu ketahui bahwa seal air radiator berguna untuk memberi pembatas bagi air dan oli mesin, sehingga kedua caoran yang ada pada mesin motor ini tidak menyatu.

2. Karatan.

Ruang air radiator yang mengalami pengaratan juga dapat menyebabkan radiator rusak, karena jalur air akan mengalami penyumbatan atau mengalami kelengketan karena karat.

Hal ini biasanya disebabkan air radiator yang tidak memiliki kualitas baik, sehingga bagian ruang air radiator timbul karat.

Air radiator yang memiliki kualitas terbaik dan bukan air radiator palsu tidak akan pernah menimbulkan karatan pada ruang air radiator.

Karena pada umumnya, air radiator sudah di berikan zat untuk tidak menimbulkan karat ketikaa dari itu, kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap komponen atau part yang ingin kamu gunakan.

Pastikan itu sudah memiliki jaminan pakai dan pastinya original menurut motor yang kamu misa melakukan pembelian di toko Garuda Parts atau di toko Central Sparepart motor secara online.

kamu akan  mendapatkan berbagai diskon dengan melakukan minimal pembelian, serta kamu akan mendapatkan gratis ongkir.