Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Karburator Yang Sudah Lama Tersumbat Karena Karatan.

 

Sepeda motor saat ini sudahlah menggunakan injection sebagai komponen tambahan pada bagian bahan bakar minyak seperda motor dan tidak lagi menggunakan karburator lagi.
Sepeda motor saat ini sudahlah menggunakan injection sebagai komponen tambahan pada bagian bahan bakar minyak seperda motor dan tidak lagi menggunakan karburator lagi.

Meski begitu, sepeda motor yang masih menggunakan karburator tetaplah masih eksis di jalanan umum di seluruh indonesia.

Hal itu karena motor yang masih menggunakan karburator cukup sangat banyak di miliki oleh para masyarakat di indoneisa, terlebih lagi motor yang satu ini sudah termasuk lama berkiprah di jalanan indonesia.

Meski begitu, sepeda motor yang menggunakan karburator hingga saat ini masih sangat banyak di gunakan oleh masyarakat sebagai kendaraan pribadi mereka.

Karena, motor yang masih menggunakan karburator termasuk motor yang sangat mudah untuk dalam masalah perawatannya.

Mulai dari bagian mesin, kelistrikan hingga bagian body, semua tergolong dalam hal yang sangat mudah untuk di lakukan perawatannya, bahkan kamu sendiri bisa melakukannya sendiri dirumah.

Meski begitu, sepeda motor yang masih menggunakan karburator ini juga bisa memiliki kerusakannya tersendiri yang tergolong susah untuk di perbaiki.

Salah satu part sepeda motor yang satu ini yang paling sulit untuk di perbaiki jika penyakitnya sudah kambuh adalah karburator.

Karburator sepeda motor yang sudah mulai berkarat sangat sulit untuk di perbaiki jika tidak tahu cara memperbaikinya.

Karena, pada dasarnya karat yang tumbuh pada karburator sepeda motor berada pada bagian lubang kecil karburator itu sendiri.

Sehingga, saat kamu melakukan pencucian pada karburator kotoran atau karatan yang ada pada lubang kecil tersebut tidak tersentuh dan terjangkau karena lubangnya terlalu kecil.

Meski tidak terjangkau karena berada pada lubang yang sangat kecil, akan tetapi sekarang kamu bisa membersihkan kotoran tersebut dengan mudah.

Cara membersihkan karburator hingga ke lubang-lubang kecilnya dengan mudah adalah.

1. Menggunakan Carburator Cleaner.

Menggunakan carbu cleaner adalah cara yang paling banyak di gunakan oleh para mekanik saat ini, karena menggunakan cairan ini sangat mudah di gunakan dan di aplikasikan pada karburator.

Carburator cleaner adalah cairan khusus yang di gunakan untuk membersihkan kotoran yang membandil pada karburator, karena di dalam carburator cleaner ini terdapat sebuah cairan yang dapat membersihkan kotor, an dengan mudah.

Maka dari itu, jika kamu ingin menggunakan carburator cleaner kamu bisa mendapatknannya di Toko Garuda Parts atau di toko Central Sparepart Motor dan membelinya secara online.

2. Merebus karbu Dengan Air.

Merebus karburator menggunakan air mendidih adalah salah satu cara untuk membersihkan karburator hingga bersih dengan mudah.

Karena, pada umumnya kotoran yang ada pada karburator tidak lah mampu untuk menahan suhu panas yang di berikan oleh kelembapan air.

Cara yang satu ini sudah di gunakan sejak lama oleh para seior mekanik sejak dulu, karena pada umumnya karburator terbuat dari almunium dan karat yang timbul disana tidak lah sebandel dari karat yang timbul pada besi ataupun baja.

Maka dari itu, dengan cara merebusnya menggunakan air mendidih adalah hal yang paling mungkin untuk membersihkan karburator.

Apalagi kalau di rebus menggunakan air sabun atau rinso, maka akan jauh lebih baik dan bersih hingga ke lubang-lubang kecil yang ada pada karburator.

Jika kamu ingin memiliki semua cairan yang dapar membersihkan karburator dengan mudah, kamu bisa membelinya di toko Garuda Parts secara online.

Kamu akan di sungguhi berbagai diskon yang dapat mempermudah proses belanjamu serta kamu akan mendapatkan gratis ongkir dengan minimal belanja.