Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dinamo Stater Motor Macet, Ini Penyebabnya.

Pada sepeda motor saat ini kick stater sudah mulai di tiadakan pada mesin motor tersebut, hal ini di karenakan untuk mempermudah penggunaan pada kendaraan itu sendiri yang dimana saat ini hanya menggunakan stater electrik saja.

Meski begitu bukan berarti semua sepeda motor keluaran baru sudah tidak menggunakna kick stater lagi, akan tetapi ad beberapa yang masih mendukung kick stater dan ada juga yang tidak mendukung, sehingga as engkol yang biasanya ada di sana sudah di tiadakan serta lubang as nya pun pada bak kopling sudah di tutup tanp ada lubang lagi disana.

Di saat ramai nya sepeda motor yang hanya menggunkan elektrik stater di saat itu juga berbagai masalah akan timbul pada stater itu sendiri, misalnya troble yang ada pada dinamo stater motor.

Dinamo stater yang berfungsi sebagai alat bantu pemutar mesin juga bisa rusak loh, hal ini di akibatkan karena penggunaan nya terlalu sering sehingga komponen-komponen yang ada di dalam nya juga akan mengalami aus yang cukup cepat, Berbeda dengan mesin motor yang menggunakan kick stater, pastinya penggunaan nya akan di lakukan secara bergantian untuk menjaga keawetan daripada komponen yang ada di dalam nya.

Bukan berarti dinamo stater yang ada di meain sepeda motor yang memiliki kick stater tidak bisa rusak ya, akan tetapi lebih awet, karena penggunaan nya tidak hanya itu-itu saja, melainkan bergantian.

Dinamo stater yang mengalami kemacetan atau tidak bisa sama sekali di gunakan biasanya memiliki masalah pada komponen yang ada di dalam nya, seperti :

1. Cool stater atau biasa di sebut arang state.

2. Magnet lepas. 

3. Gulungan spul putus.

Dinamo stater yang mengalami kerusakan biasanya tidak dapat memutar gigi chage yang ada di bagian magnet spul serta menimbulkan suara kecil pada relay stater, Jadi jika hal itu terjadi maka sudah di pastikan bahwa dinamo stater kamu sedang mengalami masalah dan jika di saat tombol stater di tekan lalu tidak menimbulkan suara apa pun maka periksalah bagian kelistrikannya, siapa tau ada yang korslet atau kabel nya putus di tengah.

Jika kamu dapat memahami artikel ini maka kamu bisa melakukan perbaikan pada motor kamu sendiri di rumah dan apabila kamu tidak memiliki pemahaman sedikit pun tentang motor, lebih baik motor kamu serahkan pada mekanik kepercayaan kamu atau kamu juga bisa memperbaiki nya ke bengkel sesuai merk motor kamu, Showroom.

Post a Comment for "Dinamo Stater Motor Macet, Ini Penyebabnya."