Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mesin Sepeda Motor Mengalami Pecah Di Bagian Tengah Saat Di Kendarai.

 Baru-baru ini sangat banyak mengalami pecahnya crankcase atau bak mesin sepeda motor yang dimana umur dari motor tersebut bahkan belum mencapai tahunan dan bahkan masih sangat baru, Ada yang masih hitungan bulanan dan mungkin masih mingguan. 

Masalah yang satu ini juga pernah kami terima di bengkel MPJ Motor yang di mana motor tersebut masih dalam hitungan 3 bulan saja keluar dari showroom, Motor tersebut mengalami pecah di bagian belakang mesin yang di akibat kan hentakan pada gigi rasio yang pada saat itu berputar mengimbangi putaran crankshaf, Mungkin ada yang mengganjal di dalam atau bagaimana maka bisa sampai separah itu. Kami juga mengalami kebingungan saat melakukan pengecekan pada saat itu.

Setelah melakukan pengecekan yang cukup lama, Kami tidak menemukan ada nya yang janggal di dalam mesin, Karena posisi mesin masih sangat bersih dari noda oli yang biasanya kita lihat berwarna hitam, Bahkn serbuk besi hasil gesekan juga kita tidak dapat menemukan nya disana, Hal ini jugalah yang dapat membuat kepala kami semakin pusing.

Setelah melakukan pengecekn secara detail dan kmi tidak menemukan apa pun, maka kami memberanikan diri untuk mengintrogasi si pemilik motor tentang mula kejadian pecahnya mesin tersebut dan si konsumen berkata bahwa sebelum nya dia melakukan perjalanan yang cukup jauh sehingga panas mesin juga sangat panas dan pada saat melakukan perjalanan tersebut beliau melintasi bagian badan jalan yang mengalami kebanjiran dan menerebosnya secara langsung dengan keadaan panas mesin hampir over.

Dari hasil introgasi yang kami lakukan kepada si pemilik motor tersebut, kami menyimpul kan kerusakan pada crankcase mesin sepeda motor tersebut di sebab kan secara alamiah.

Karena pada dasar nya crankcase mesin sepeda motor terbuat dari bahan aluminium/babet yang dimana benda padat yang satu ini memiliki keunggulan yang cukup baik, Yaitu dapat melepas kan hawa panas yang ada pada nya dengan cepat dan mudah. 

Nah, Menurut kerusakan alamiah yng kami sebut di atas adalah, Pada saat mesin mengalami suhu panas yang tinggi maka pada saat itu juga crankcase mengalami pemuain sehingga crankcase memiliki kekerasan yang kurang dan pada saat air secara langsung merendam mesin dalma keadaan suhu mesih sangat tinggi  maka akan terjadi yang namanya WATER HAMMER. Di saat terjadinya ater hammer pada crancase maka dapa saat itu juga hentakan mesin yang cukup kuat melakukan penekanan pada bagian sisi crancase dan crancase tidak sanggup menahat tekanan tersebut sehingga jalan satu-satu nya ialah menghantam bagian yang lebih lemah dan terjadi lah keretakn hingga saat nya pecah hingga berpuing-puing.

Maka dari itu, kami menghimbau kepada seluruh pengendara roda dua agar tetap berhati-hati saat ingin menerobos banjir dalm keadaam suhu panas mesin yang cukuk sangat tinggi, Karena pada saat itu juga bahawa kesialan menghampiri mesin sepeda motor anda dan menyebab kan pecah nya crankcase mesin sepeda motor kamu.

Post a Comment for "Penyebab Mesin Sepeda Motor Mengalami Pecah Di Bagian Tengah Saat Di Kendarai."