Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Kruk as Pada Crankcase Dengan Mudah Tanpa Ribet Pakai Pukul.

 

Dalam pekerjaan yang satu ini para mekanik pastinya memiliki cara unik masing-masing untuk menganganinya hingga selesai tanpa ada kesalahan.

Cara-cara yang di gunakan oleh para mekanik memang lah memiliki keunikannya masing-masing dalam menangani sepeda motor yang rusak.

Jika kita mengumpulkan 12 mekanik senior dan kamu suruh untuk menangani satu kasus, pastinya sistem kerja dan cara yang di gunakan para mekanik berbeda-beda.

Meski berbeda-berbeda akan tetapi para mekanik hanya akan fokus pada hasil yang di dapatkan setelah selesai mengerjainya.

Salah satu contoh yang dapat kita lihat saat ini adalah dalam pemasangan kruk as atau crankshaft pada crankcase sepeda motor.

Dalam pekerjaan yang satu ini para mekanik pastinya memiliki cara unik masing-masing untuk menganganinya hingga selesai tanpa ada kesalahan.

Cara-cara yang di gunakan para mekanik untuk menangani masalah yang satu ini adalah.

1. Ketok atau pukul.

Dengan cara mengetok atau memukup bagian sisi crankshaft adalah cara yang paling pertama di lakukan oleh para mekanik senior jaman dulu.

Akan tetapi, untuk melakukan cara yang satu ini kamu membutuhkan kehati-hatian yang super baik, karena jika kamu salah dalam memukul sisi kruk as maka akan mengalami kemiringan.

Sehingga kruk as harus di balancing kembali untuk mendapatkan kelurusannya, sehingga tidak mengalami trouble nantinya jika motor sudah di rakit ulang dan di hidupkan.

2. Press.

Memasang kruk as dengan cara mengepress juga biasa di gunakan para mekanik untuk memasang salah satu komponen yang ada di dalam mesin ini.

Karena, pada umumnya untuk memasukan sesuatu yang ada di dalam mesin sepeda motor membutuhkan alat press.

Di dalam SOP sepeda motor juga mengatakan untuk melakukan press saat ingin memasang crankshaft motor pada crankcase.

Hal ini di lakukan agar bearing yang ada pada kruk as mendapatkan kelurusannya secara maksimal dan tidak miring sehingga merusak dinding perumahan bearing atau lahar.

3. Pemanasan Api.

Cara yang terakhir dan juga cara yang paling sering di gunakan para mekanik jaman sekarang adalah, dengan cara memanasi crankcase menggunakan api.

Karena, pada dasarnya almunium akan mengalami pemuaian saat berada pada suhu panas, pada saat pemuaian tersebut adalah moment kamu dapat memansang kruk as dengan mudah.

Karena perumahan bearing yang ada pada crankcase mengalami perenggangan dari ukurannya di awal akan mengalami penyusutan pada ukurannya semula ketika sudah di posisi dingin.

Untuk memanasi crankcase ini para mekanik memanasinya menggunakan kompor tembak portabel atau ada beberapa mekanik memanasinya menggunakan kompor gas yang ada di dapur.

Karena fokusnya disini hanya untuk memberikan suhu panas hingga crankcase mengalami sedikit pemuaian sehingga crankshaft motor atau kruk as motor dapat di pasang dengan mudah tanpa merusak komponen yang lain.