Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat CVT Motor Matic Dirumah Dengan Mudah.

 

Akan tetapi, motor yang satu ini membutuhkan perawatan yang paling banyak juga dari motor yang lainnya.

Sepeda motor saat ini adalah motor yang paling banyak di gunakan oleh para pengendara sepeda motor di jalanan umum sebagai kendaraan roda dua.

Karena, motor yang satu ini paling mudah di gunakan daripada motor bebek atau sport, hal itu membuat para raiders memilih motor yang satu ini sebagai kendaraan cadangan dan bahkan ada beberapa orang yang membuat motor ini menjadi motor utama mereka.

Akan tetapi, motor yang satu ini membutuhkan perawatan yang paling banyak juga dari motor yang lainnya.

Hal itu membuat kamu harus memperhatikannya lebih banyak perawatannya, agar motor matic tersebut mendapatkan kondisi yang terbaik dan awet.

Sepeda motor matic pada umumnya menggunakan v-belt sebagai part penggerak roda belakang yang ada di dalam CVT motor matic tersebut.

Maka dari itu, perawatan yang dibutuhkan motor matic juga harus maksimal, karena v-belt sebagai pengganti rantai motor ada di dalam bak cvt.

Kalau tidak, maka akan terjadi kerusakan yang tidak di inginkan saat kamu mengendarainya mau itu perjalanan pendek ataupun perjalanan jauh.

Maka dari itu, kamu sebagai pemilik motor matic harus pandai dalam masalah perawatan cvt motor matic, agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

Sebenarnya, untuk memberi perawatan pada cvt motor matic tidak susah, karena pada dasarnya perawatan cvt sama halnya seperti perawatan pada rantai motor.

Jika kamu masih merasa kebingungan dalam masalah perawatan cvt, kamu bisa membaca artikel ini dengan detail sampai habis.

Untuk melakukan perawatan pada CVT sepeda motor matic dirumah dapat kamu lakukan sendiri dengan mudah, Antara lain.

Untuk perawatan cvt motor matic ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, seperti.

1. Buka baut.

Membuka baut bak cvt adalah hal yang paling utama yang harus kamu lakukan, karena cvt tertutupi oleh bak cvt untuk menjaga cvt dari benta lain yang dapat merusak perputaran cvt tersebut.

2. Setelah baut dan bak cvt terbuka, kamu akan melihat semua komponen cvt yang ada di dalam. Komponen cvt terdiri dari beberapa part, seperti.

a. Kampas Ganda

b. V-belt atau biasa disebut vanbelt.

c. Rumah ruller beserta rullernya.

3. Setelah bak cvt terbuka semua, dan komponen terlihat dengan jelas, selanjutnya kamu membuka mur kampas ganda dan rumah ruller.

4. Jika semua komponen sudah terlepas dari tempatnya dan lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap semua komponen yang ada di dalam cvt.

5. Jika komponen semua aman, lakukan pencucian komponen menggunakan bensin atau pertalite yang ada di tangki minyak kamu. Untuk dalam pencucian v-belt jangan kamu cuci menggunakan minyak, sebaiknya kamu mencucinya menggunakan air dan sabun atau rinso.

6. Jangan lupa juga untuk mencuci bagian dalam cvt, karena sudah di pastikan disakan paling banyak menyimpan kotoran debu.

7. Jika pembersihan dan pengecekan part sudah kamu lakukan, sebaiknya kamu memasang kannya kembali seperti semua.

8. Pastikan baut dan mur yang ada di dalam cvt sudah terkunci dengan baik dan benar, agar tidak terjadi lepasnya komponen saat motor digunakan.

Nah, itu tadi dia untuk cara merawat cvt dengan mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah.

Untuk masalah perawatan cvt tidak lah susah, karena didalam cvt tidak ada komponen yang sensitif, semua part yang mudah di pahami oleh semua kalangan.

Jika komponen atau part cvt sepeda motor kamu sadah mengalami kerusakan, kamu bisa melakukan pembelian keperluan cvt di toko Garuda Part dan Central Sparepart Motor secara online.

Disana kamu akan disungguhin dengan berbagai diskon, mulai dari diskon gratis ongkir hingga diskon 99% dalam minimal total belanja.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan part original sesuai merk yang kamu inginkan, sehingga kamu bisa belanja dengan tenang dan aman.