Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengetahui Penyebab Kerusakan Pada Kruk as Sepeda Motor Sendiri Dirumah.

 

fungsi crankshaft motor pada mesin.

Keursakan-kerusakan pada sepeda motor sebenarnya tidak sulit diketahui oleh kamu yang tidak memiliki basic pada otomotif, akan tetapi akan jauh lebih mudah jika kamu mengetahui dasar dari otomotif itu sendiri dari awal.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mengetahui kerusakan sepeda motor kamu sendiri, karena kamu bisa melakukan pengecekannya sendiri dirumah dengan cara membaca artikel kami yang ada di blog ini.

Di blog website MPJ Motor ini kamu bisa membaca beberapa masalah sepeda motor dengan berbagai cara penyelesaian dengan detail

Saat ini kita ingin mengulas tentang mengetahui penyebab kerusakan pada kruk as sepeda motor, kerusakan-kerusakan pada kruk as sepeda motor ada beberapa penyebabnya.

Mulai dari penyebab yang simple serta penyebab yang sangat parah, pada dasarnya semua dapat merusak kruks as atau crankshaft sepeda motor.

Penyebab kerusakan pada crankshaft sepeda motor di sebabkan beberapa hal, seperti.

1. Kekurangan Oli.

Sepeda motor yang mengalami kekurangan oli terlalu sering dapat merusak crankshaft serta bearing yang ada di dalamnya.

Hal itu karena kruks as tidak memiliki pelumas untuk memberikan pelumasan pada dinding bearing serta kruk as.

Sehingga bearing mengalami gesekan yang dapat menimbulkan suhu panas pada komponen yang ada di dalam mesin.

2. Masa pakai.

Setiap komponen yang ada di dalam mesin pastinya memiliki standart masa pakainya masing-masing.

Hal itu membuat agar mesin tidak mengalami over dalam pemakaian, sehingga pengendara dapat terhindar dari masalah mesin secara tiba-tiba.

Maka dari itu, kruk as yang rusak juga dapat di sebabkan karena jangka masa pakai dari part tersebut sudah habis dan harus di ganti dengan yang baru.

3. Oli Tidak Sesuai.

Mesin sepeda motor pastinya membutuhkan oli yang sesuai dengan spek yang dimiliki dari mesin itu sendiri, sehingga mesin dapat secara leluasa bekerja dengan baik.

Jika mesin sepeda motor yang kamu miliki di isi dengan oli yang tidak sesuai dengan spek mesin itu sendiri, maka sudah dapat di pastikan mesin kamu akan mengalami kerusakan yang fatal.

Karena, kinerja mesin yang selalu bergesekan tidak dapat di lindungi oleh oli yang kamu isi kedalam mesin, sehingga dapat menyebabkan berbagai kerusakan.

Kruk as atau crankshaft sepeda motor juga dapat mengalami kerusakan karena hal ini dan mungkin bisa jauh lebih parah kerusakannya daripada kehabisan oli.

Nah, itu tadi dia penyebab kerusakan kruk as sepeda motor yang dapat kamu lakukan pengecekannya sendiri di rumah.

Sehingga kamu tidak perlu lagi merasa gelisah karena hal-hal yang kamu lakukan pada mesin sepeda motor mu.