Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Penyebab Fuel Pump Injection Mengalami Kerusakan, Nomor Terakhir Sering Kita Lakukan.

Munculnya injection pada kendaraan sepeda motor memiliki pengaruh terhadap penggunaan minyak yang di gunakan saat kendaraan tersebut dihidupkan.
Saat ini, Sepeda motor yang kita gunakan hampir 90% sudah menggunakan injeksi sebagai pendukung pada bagian minyak kendaraan.

Munculnya injection pada kendaraan sepeda motor memiliki pengaruh terhadap penggunaan minyak yang di gunakan saat kendaraan tersebut dihidupkan.

Sepeda motor yang sudah injection biasanya memiliki asupan bbm yang jauh lebih irit daripada kendaraan yang masih menggunakan karburator.

Perbandingan yang dapat kita ambil dari motor injeksi dengan karburator biasanya 50% jauh lebih irit injection daripada kendaraan yang menggunakan karburator.

Keiritan yang di hasilkan injection biasanya di akibatkan karena torsi dan kinerja mesin motor injection jauh lebih ringan daripada motor injeksi.

Maka dari itu, pihak pabrikan motor juga sangat mengutamakan produk mereka yang menggunakan injeksi, sedangkan yang masih menggunakan karburator sudah mulai mereka tinggalkan sejak beberapa tahun silam.

Meski begitu, sepeda motor injeksi yang saat ini kita gunakan tetap memiliki beberapa kerusakan yang jauh lebih rentan daripada part yang lainnya jika kita berhati-hati dalam masalah perawatannya.

Biasanya kerusakan yang lebih rentan pada motor injection ada pada bagian fuel pumpnya dan biasanya kerusakan tersebut terjadi karena kesalahan para raiders atau pemilik sepeda motor itu sendiri.

Kerusakan yang terjadi pada fuel pump bisa dari berbagai penyebab dan bisa juga karena part tersebut mengalami kegagalan. biasanya mermasalah pada percobaan pertama saat part tersebut di packing dari pabrik.

Akan tetapi, saat ini kami sering sekali menemukan kerusakan fuel pump karena kesalahan dari si pengguna dan karena sudah sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru, karena sudah memenuhi limit pemakaian.

Untuk saat ini, kami menemukan kebanyakan kerusakan pada fuel pump disebabkan karena kesalahan dari para raiders itu sendiri.

Kesalahan yang di sebabkan raiders sehingga menyebabkan kerusakan pada fuel pump biasanya terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu.

1. BBM Tidak Murni.

Kesalahan yang satu ini biasanya kami temukan yang paling sering di bengkel MPJ Motor, hal itu karena para pengendara biasanya mengisi bbm tidak dari pertamina langsung, melainkan mengisi bbm dari penjual minyak eceran di pinggir jalan.

Sebenarnya, mereka juga membeli pertalite atau pertamax langsung dari pertamina, akan tetapi wadah dan literan yang biasanya di gunakan tidak terpisah.

Biasanya wadah dan literan yang di gunakan pada minyak solar dan pertalite atau pertamax tercampur menjadi satu, sehingga pertamax dan pertalite menjadi tidak murni karena sudah tercamur dengan solar.

Hal itu menjadi penyebab fuel pump mengalami kerusakan pada bagian rotaknya, karena pada dasarnya rotak fuelpump sepeda motor hanya untuk BBM yang memiliki sedikit kadar minyak.

2. Tangki BBM Sering Mengalami Kekeringan.

Sepeda motor yang sering mengalami kekeringan bahan bakar minyak pada bagian tangki juga menjadi salah satu penyebab kerusakan fuelpump yang paling banyak.

Karena pada umumnya fuelpump yang aktif pada saat tidak memiliki cariran yang ingin di alirkan akan mengalami suhu panas berlebihan, sehingga karet pada bagian rotak mengalami keausan.

Sepeda motor injection tidak akan rusak pada bagian fuelpumpnya jika kehabisan minyak hanya beberapa kali saja, akan tetapi akan rusak jika terlalu sering hal itu terjadi.

3. Filter Minyak Kotor.

Masalah yang satu ini biasanya diakibatkan karena minyak yang kita gunakan memiliki banyak kotoran, sehingga filter minyak tersumbat dan masalah yang ada pada nomor 2 terjadi pada rotak fuelpump injeksi.

Usahakan selalu melakukan service tangki setiap 6 bulan sekali, hal itu berguna untuk kebersihan filter minyak dan juga demi keawetan fuelpump untuk masa pakai jangka panjang.

4. Motor Jarang Service.

Sepeda motor injection yang jarang service juga dapat menyebabkan fuelpump mengalami kerusakan dan bahkan kamu menggantinya dengan yang baru serta original, hal itu akan tetap terjadi.

Karena, sepeda motor yang jarang melakukan service dapat mengakibatkan tersumbatnya injektor pada bagian trotle body.

Jika hal itu terjadi, maka kinerja rotak pada fuelpump akan terlalu keras, sehingga ledakan kecil akan terjadi pada bagian rotak.

Hal itu di sebabkan karena ketidak adanya jalur keluar yang di alirkan, sehingga rotak akan menampung aliran tersebut di tabung fuelpump sehingga kinerja rotak akan terlalu over.

Masalah yang kami sebut di atas adalah penyebab yang paling sering terjadi dan kami terima di bengkel MPJ Motor.

Maka dari itu, bagi kamu pengendara ataupun para raiders yang menggunakan sepeda motor injection, tetaplah memberikan perawatan yang baik untuk sepeda motor anda.

Tidak ada orang yang ingin motornya mengalami kerusakan, akan tetapi jika hal itu tidak kita perdulikan, maka part motor yang kita miliki akan mengalami kerusakan dengan sendirinya jika tidak kita rawat.

Bagi kamu yang sudah mengalami permasalahan ini dan ingin mengganti fuelpump dengan yang baru, kamu bisa membelinya di toko GARUDA PART secara online.

Kamu akan mendapatkan produk 100% original sesuai merk yang kamu inginkan dan juga kamu akan mendapatkan gratis ongkir keseluruh indonesia, serta berbagai diskon lainnya juga sedang menunggumu di toko tersebut.